Kerajaan Majapahit Runtuh karena Apa? Ada 4 Faktor Utama

Selasa, 02 Juli 2024 - 05:31 WIB
loading...
Kerajaan Majapahit Runtuh karena Apa? Ada 4 Faktor Utama
Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan besar dalam sejarah Nusantara. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
KERAJAAN Majapahit runtuh karena apa? Pertanyaan tersebut banyak dilontarkan masyarakat yang tertarik mengetahui lebih dalam mengenai salah satu kerajaan besar dalam sejarah Nusantara ini.

Majapahit merupakan salah satu kerajaan bercorak Hindu-Buddha terbesar dan terkuat di sejarah Nusantara. Kerajaan ini didirikan Raden Wijaya dan berpusat di Jawa Timur.



Sejak pendiriannya, Majapahit mengalami perkembangan signifikan hingga menjadi kerajaan besar. Kerajaan ini bahkan mencapai puncak kejayaan ketika dipimpin Hayam Wuruk (1350-1389) yang didukung Mahapatih Gajah Mada.

Kendati begitu, Majapahit juga mengalami fase kemunduran hingga menyebabkan keruntuhannya. Melihat ke belakang, runtuhnya kerajaan ini disebabkan berbagai faktor berbeda.

Kerajaan Majapahit Runtuh karena Apa?

Sebelum keruntuhannya, Majapahit melewati fase kemunduran. Momen ini bermula setelah era pemerintahan Hayam Wuruk berakhir. Berikut sejumlah penyebabnya yang bisa diketahui.

- Kehilangan Sosok Hayam Wuruk dan Gajah Mada


Sedikit dijelaskan di atas, fase kemunduran Majapahit bermula setelah kepergian Hayam Wuruk dan Gajah Mada. Sepeninggal keduanya, kerajaan ini memang memiliki pengganti.



Namun, para penerus posisi penting itu dianggap kurang ahli dalam bertugas. Akibatnya, posisi kerajaan pun mengalami kemunduran dari berbagai sektor.

- Perebutan Kekuasaan

Setelah wafatnya Raja Hayam Wuruk, Majapahit mulai mengalami gejolak internal berupa perebutan kekuasaan. Pada perkembangannya, kondisi tersebut memunculkan konflik tak biasa yang menjurus ke perang saudara.



Sebagai contoh, pertikaian yang melibatkan Bhre Wirabumi dan Wikramawardhana. Di satu sisi, Wikramawardhana adalah menantu Hayam Wuruk. Sedangkan Bhre Wirabhumi merupakan salah satu keturunannya.

Perang saudara di Majapahit ini dikenal sebagai Perang Paregreg dan terjadi antara 1404-1406. Pihak Bhre Wirabumi kalah dalam peperangan tersebut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1892 seconds (0.1#10.140)
pixels