Ketua KPU Malang dan Caleg Dilaporkan ke Polda Jatim Dugaan Kecurangan Pileg

Sabtu, 15 Juni 2024 - 14:32 WIB
loading...
A A A
“PPK, PPS, KPPS serta sekdes ini direkrut secara khusus untuk mengamankan perolehan suara AA di wilayah masing-masing,” ucapnya.

Tak hanya itu, Bakti mengungkapkan jika terduga AA dan AS kerap melakukan pertemuan darat, baik di Kabupaten Malang maupun di Jakarta. Selama itu pula, AS mendapat fasilitas dan akomodasi berupa laptop hingga ponsel. Komunikasi keduanya, kata Bakti didapati sangat masif hingga Pemilu 2024 usai.

Berdasar dari hasil investigasi itulah kemudian pihaknya melaporkan perkara ini ke Polda Jatim. Namun hingga kini belum ada tindak lanjut.

"Padahal dari hasil konsultasi dengan beberapa pakar hukum, dugaan tersebut sudah masuk dalam ranah gratifikasi, menyalahi UU Pemilu, menyalahi UU Pidana, serta penyalahgunaan jabatan," terangnya.

Apalagi, pada 24 Februari atau 10 hari pasca Pemilu, di kediaman AS di Desa Curungrejo, Kecamatan Kepanjen, ditemukan ratusan amplop berisi 25 ribuan disertai foto Caleg AA. Temuan serupa juga didapati di rumah petugas PPK Singosari dengan jumlah 1.400 amplop.

"Kami berharap Polda Jatim dapat mengambil langkah taktis untuk membongkar praktik-praktik kecurangan Pemilu kemarin karena saya kira semua unsurnya sudah memenuhi,” tegasnya.

Sementara itu Komisioner KPU Kabupaten Malang, Marhaendra PramudyaMahardika mengungkapkan, secara struktural diketahui Anis Suhartini ternyata tidak lagi menjabat sebagai Ketua KPU Kabupaten Malang per tanggal 13 Juni 2024.

Tetapi pihaknya menghormati dan mengikuti proses hukum yang dilakukan, tapi ia pribadi tidak mengetahui mengenai apa yang dilaporkan itu.

"Terkait hal yang menjadi laporan, kami mengikuti proses hukum yang dijalankan. Secara pribadi, saya sebagai anggota tidak tahu dan tidak terlibat dalam hal yang dilaporkan tersebut," ujar Mahardika, sapaan akrabnya.

Pihaknya menegaskan, secara pribadi sebagai anggota komisioner KPU Kabupaten Malang mengedepankan independensi dan netralitas sebagai penyelenggara Pemilu.

"Prinsipnya, kami membangun kedekatan dengan semua peserta pemilu sesuai prinsip penyelenggara pemilu, tanpa tendensi menguntungkan atau merugikan salah satu pihak," tuturnya.

Di sisi lain, MPI berusaha mengonfirmasi ke Anis Suhartini, tapi hingga berita ini ditulis yang bersangkutan belum memberikan respons.pileg
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)
pixels