Lautan Sampah di Sungai Citarum Dibersihkan, Alat Berat dan Ratusan Personel Gabungan Diterjunkan

Jum'at, 14 Juni 2024 - 16:10 WIB
loading...
Lautan Sampah di Sungai Citarum Dibersihkan, Alat Berat dan Ratusan Personel Gabungan Diterjunkan
Pemprov Jabar mengerahkan sejumlah alat berat untuk mempercepat proses pembersihan dan pengangkatan sampah di aliran Sungai Citarum, tepatnya di bawah Jembatan Babakan Sapan, KBB, Jumat (14/6/2024). Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Sungai Citarum kembali menjadi sorotan karena tumpukan sampah yang menggunung di bawah Jembatan Babakan Sapan, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Menanggapi hal ini, Pemprov Jabar bergerak cepat dengan mengerahkan sejumlah alat berat dan ratusan personel gabungan untuk membersihkan lautan sampah tersebut, Jumat (14/6/2024).

Operasi pembersihan ini melibatkan berbagai pihak, termasuk Dansektor 9 dan 8 Citarum Harum, IP Saguling POMU, serta masyarakat sekitar. Alat berat yang digunakan terdiri dari excavator long arm, amphibi, dan standar, serta tiga unit katamaran, lima unit LCR, lima unit dum truck, dan tali sling.

"Alat berat ini dioptimalkan untuk mengeruk sedimen, mengangkat sampah ke darat, membuat lubang, dan menutup sampah," ujar, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jabar, Ika Mardiah.

Total 400 personel dari Pemprov Jabar, TNI, Polri, BBWS, dan masyarakat turut berpartisipasi dalam operasi pembersihan ini.



Penjabat Gubernur Jabar, Bey Machmudin, menegaskan pentingnya peran aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan Sungai Citarum.

"Masyarakat dapat melaporkan kondisi sungai melalui aplikasi Sapawarga, terutama terkait penumpukan sampah agar segera ditangani," imbuhnya.

Bey juga menekankan bahwa tumpukan sampah ini merupakan akibat dari kombinasi antara turunnya ketinggian air, sedimentasi sungai, dan kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan di DAS Citarum.

"Oleh karena itu, kami mohon masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan buanglah pada tempatnya," tegas Bey.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1915 seconds (0.1#10.140)
pixels