Candi Sumberawan, Peninggalan Raja Hayam Wuruk Tempat Healing Terbaik di Malang

Sabtu, 08 Juni 2024 - 09:08 WIB
loading...
Candi Sumberawan, Peninggalan Raja Hayam Wuruk Tempat Healing Terbaik di Malang
Candi Sumberawan berlokasi di lereng Gunung Arjuno sisi Malang, peninggalan Kerajaan Majapahit di era Raja Hayam Wuruk. Foto: MPI/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Candi Sumberawan, berlokasi di lereng Gunung Arjuno sisi Malang, merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit di era Raja Hayam Wuruk. Lokasi candi yang berada di lereng Gunung Arjuno, dan berada di ketinggian membuat area sekitar candi berudara cukup sejuk.

Lokasi candi memang berada pada ketinggian di atas 500 Mdpl, juga membuat udara di lokasi dingin. Perpaduan antara segarnya udara dengan suasana sepi dan syahdu, membuat wisatawan begitu dimanjakan dari sisi ketenangan.



Lokasinya memang berada di lereng Gunung Arjuno, sisi timur area Kabupaten Malang.

Candi Sumberawan, Peninggalan Raja Hayam Wuruk Tempat Healing Terbaik di Malang


Juru pelihara Candi Sumberawan Dika Maulana mengungkapkan, candi ini tercantum dalam Kakawin Negarakretagama, yang merupakan warisan Kerajaan Majapahit. Saat itu konon kata Dika, candi ini peninggalan Hayam Wuruk saat bertahta.

”Majapahit di eranya Hayam Wuruk, di kitab Negarakretagama salah satu isinya menerangkan pada tahun 1359 Hayam Wuruk singgah di tempat yang dinamakan kasurangga,” ucap Dika Maulana kepada iNews Media Group, Sabtu (8/6/2024).

Menurutnya, nama Kasurangga itu diidentifikasikan para arkeolog sebagai Candi Sumberawan, yang menjadi pintu masuk ke kawasan Gunung Arjuno. Sementara nama Candi Sumberawan, yang berbentuk stupa ini diambil dari sebuah pohon yang bernama 'rewan'.



“Para arkeolog maupun ahli sejarah menduga kesurengganan ya sumber awan sekarang. Kalau nama Sumberawan diambil dari sumber, dan pohon yang namanya rewan, pohon endemik di sini. Namun sayangnya saat ini pohonnya tidak ada sudah roboh, dulu ada memang,” paparnya.

Sayang pohon itu, kata Dika, sudah roboh karena faktor alam. Diketahui pohon itu ternyata merupakan endemik dan langka, sebab hanya ditemukan di daerah Sumberawan, dan berasal dari Pegunungan Alaska.

”(Pohon rewan) berdiri di tempat sini, kemudian mungkin karena perkembangan zaman akhirnya pohon itu lapuk roboh, endemik di sini, saya coba menggali informasi kira-kira tanaman seperti itu di mana ternyata saya lacak adanya di Pegunungan Alaska,” tukasnya.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1154 seconds (0.1#10.140)
pixels