Riau Diperkirakan Kirim Asap Kebakaran Hutan ke Jambi

Kamis, 21 Maret 2019 - 11:31 WIB
Riau Diperkirakan Kirim Asap Kebakaran Hutan ke Jambi
Riau Diperkirakan Kirim Asap Kebakaran Hutan ke Jambi
A A A
PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan masih melanda 11 kabupaten dan kota di Provinsi Riau . Hal ini berdampak pada kabut asap di sejumlah wilayah di daerah berjuluk Bumi Lancang Kuning itu.

Tidak hanya berdampak di Riau, kebakaran hutan juga berimbas pada provinsi tetangga, Jambi. Hal ini bisa dilihat dari arah mata angin.

"Berdasarkan arah mata angin, memang hari mengarah ke Jambi. Jadi asap dari Riau diperkirakan ke sana. Arah angin dari arah selatan Riau ke Jambi," kata Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Sanya Rabu (20/3/2019).

Hal ini berbeda dengan hari kemarin, di mana Riau mengirimkan asap ke provinsi tetangga lainnya, Sumatera Utara. Dimana asap berasal dari Dumai, Rohil ke daerah Labuhan Batu. (Baca Juga: Kebakaran Hutan dan Lahan di Bengkalis Riau Terus Meluas)

Terkait kabar bahwa asap Riau mengarah ke negara tetangga, Malaysia dia membantahnya. Bahkan jika terjadi kebakaran di Malaysia, asapnya yang mengarah ke kita.

"Angin dari Malaysia hari ini mengarah ke Riau. Jadi kalau di sana ada asap, pasti mengarah ke sini. Tapi kita kan tidak bisa membahas di sana ada kabut asap," imbuhnya.

Kebakaran di Riau sudah terjadi sejak awal tahun 2019. Sebanyak 10 helikopter dan satu pesawat dikerahkan membantu pemadaman.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7243 seconds (0.1#10.140)