Sejarah Keberadaan Tugu Abel Tasman di Gunung Marapi

Jum'at, 08 Desember 2023 - 18:05 WIB
loading...
Sejarah Keberadaan Tugu Abel Tasman di Gunung Marapi
Tugu Abel Tasman merupakan sebuah bangunan yang berada di puncak Merpati Gunung Marapi. Keberadaannya ditujukan untuk mengenang seorang pendaki bernama Abel Tasman. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sejarah tugu Abel Tasman menjadi pembahasan yang menarik diulas. Tugu tersebut diketahui berada di salah satu puncak Gunung Marapi .

Erupsi Gunung Marapi telah meninggalkan duka mendalam bagi para korban. Pada peristiwa ini, salah satu perhatian tertuju kepada sebuah bangunan tugu bernama Abel Tasman.



Bukan tanpa alasan, sebelumnya salah satu korban erupsi Gunung Marapi ditemukan di dekat tugu tersebut. Lantas, bagaimanakah sebenarnya sejarah dari keberadaan tugu Abel Tasman ini?

Sejarah Tugu Abel Tasman


Bagi para pendaki Gunung Marapi, tugu Tasman Abel tentu sudah tidak asing lagi. Bangunan tersebut biasa menjadi penanda jalur menuju puncak Merpati, Gunung Marapi.

Namun, lain halnya dengan orang awam. Melihat tugu Abel Tasman, sebagian dari mereka akan merasa bingung dengan keberadaannya.



Pasalnya, tugu tersebut sekilas terlihat seperti penanda makam yang biasa dijumpai di kuburan-kuburan. Benar saja, ada sejarah di balik keberadaan tugu Abel Tasman ini.

Tugu Abel Tasman merupakan sebuah bangunan yang berada di puncak Merpati Gunung Marapi. Keberadaannya ditujukan untuk mengenang seorang pendaki bernama Abel Tasman.

Singkat cerita, pendaki asal Padang tersebut menjadi korban jiwa erupsi tahun 1992. Tugu tersebut didirikan para pendaki guna mengenang namanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)