Jaga Ekosistem Perairan, Pupuk Kaltim Turunkan Ratusan Media Terumbu dan Tukik di Maratua

Rabu, 29 Mei 2024 - 21:01 WIB
loading...
Jaga Ekosistem Perairan, Pupuk Kaltim Turunkan Ratusan Media Terumbu dan Tukik di Maratua
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) bersama sembilan perusahaan di Pupuk Indonesia Grup, pada Minggu (26/5/2024), menurunkan 134 unit media terumbu di perairan Coral Stock Centre Maratua. Foto/Ist
A A A
BERAU - Guna menjaga keanekaragaman hayati dan ekosistem perairan, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) bersama sembilan perusahaan di Pupuk Indonesia Grup, pada Minggu (26/5/2024), menurunkan 134 unit media terumbu di perairan Coral Stock Centre Maratua, Kabupaten Berau, Kaltim. Aksi lingkungan ini mengusung tema "Future Reefs Future Us".

Direktur Utama Pupuk Kaltim, Budi Wahju Soesilo, menjelaskan bahwa penurunan media terumbu ini merupakan bagian dari kontribusi perusahaan dalam menjaga keberlanjutan ekosistem perairan. Hal ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar, terutama di Maratua yang memiliki potensi sumber daya bahari yang unik dan menjadi sumber penghidupan masyarakat melalui pemanfaatan hasil laut dan pengembangan wisata bahari.

"Penurunan 134 media terumbu ini diharapkan dapat memperkaya biota laut dan melestarikan keindahan bawah laut Maratua. Hal ini sebagai wujud dukungan Pupuk Kaltim terhadap ekosistem dan pengembangan potensi wisata," ujar Soesilo.



Soesilo menambahkan bahwa terumbu karang merupakan rumah bagi ribuan spesies laut dan berperan penting dalam melindungi pantai dari abrasi. Namun, terumbu karang juga menghadapi berbagai ancaman, seperti perubahan iklim, polusi, dan aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, sejalan dengan tema "Future Reefs Future Us", menjaga terumbu karang menjadi tanggung jawab bersama agar tetap lestari dan terawat. Hal ini demi terwujudnya lingkungan laut yang lebih sehat dan berkelanjutan. Saat ini, sekitar 33,82 persen dari total luas terumbu karang Indonesia mengalami kerusakan atau dalam kondisi kurang baik, sehingga memerlukan upaya revitalisasi yang serius.

"Pupuk Kaltim melihat terumbu karang sebagai elemen penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem biota laut, yang pada akhirnya akan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Hal ini pula yang menjadi semangat kami dalam aksi penurunan media terumbu di Maratua," tandas Soesilo.

Komitmen Pupuk Kaltim terhadap keanekaragaman hayati dan ekosistem perairan terus ditingkatkan setiap tahun, terutama di kawasan perairan Kota Bontang. Sejak 2011, Pupuk Kaltim telah menurunkan 6.882 unit terumbu buatan dengan target minimal 500 unit per tahun. Selain itu, perusahaan ini juga menginisiasi pembentukan Center of Excellence (CoE) Terumbu Karang sejak 2021.



Pembentukan CoE diperkuat melalui kolaborasi dengan Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL) Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk memastikan keberlanjutan upaya konservasi perairan yang dilaksanakan perusahaan. Program ini meliputi transplantasi terumbu, pembibitan melalui fasilitas coral nursery, dan penyuluhan bagi masyarakat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2391 seconds (0.1#10.140)
pixels