4 Kerajaan Bercorak Budha di Nusantara, Salah Satunya Jadi Pusat Studi Agama Budha di Asia Tenggara

Rabu, 22 Mei 2024 - 08:11 WIB
loading...
A A A
4 Kerajaan Bercorak Budha di Nusantara, Salah Satunya Jadi Pusat Studi Agama Budha di Asia Tenggara

Candi Sewu salah satu peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. Foto/Istimewa

Kerajaan Mataram Kuno berdiri di Yogyakarta pada tahun 700-an Masehi. Tetapi, karena berbagai alasan, pusat kerajaan tersebut dipindahkan ke Jawa Timur, yaitu Jombang dan Madiun. Ini diketahui dari beberapa sumber sejarah yang ditinggalkan seperti, Prasasti Canggal, Kalasan, Klurak, dan Kedu.

3. Kerajaan Dharmasraya


Kerajaan bercorak Budha di nusantara selanjutnya adalah Kerajaan Dharmasraya. Kerajaan ini terkenal karena berdiri setelah Kerajaan Sriwijaya runtuh, yaitu pada tahun 1183 Masehi.

Prasasti tertua yang pernah ditemukan atas nama Raja Mauli adalah Prasasti Grahi tahun 1183 di selatan Thailand. Prasasti itu berisi perintah Maharaja Srimat Trailokyaraja Maulibhusana Warmadewa kepada Bupati Grahi yang bernama Mahasenapati Galanai supaya membuat arca Buddha seberat 1 bhara 2 tula dengan nilai emas 10 tamlin.

4. Kerajaan Sriwijaya


Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan dengan corak Budha yang paling terkenal. Kerajaan ini berdiri pada abad ke-7 Masehi. Sriwijaya sempat menjadi pusat studi agama Budha Mahayana di seluruh wilayah Asia Tenggara, menjadikan kerajaan ini sebagai pusat pendidikan di Asia Tenggara.

Para pelajar yang hendak belajar ke India, biasanya mampir ke Sriwijaya terlebih dahulu untuk belajar Bahasa Sanskerta. Para pelajar ini biasanya berasal dari wilayah Asia Timur.

Bukti tentang cerita di atas adalah berita I-tsing, yang menyebutkan bahwa di Sriwijaya tinggal ribuan pendeta dan pelajar (mahasiswa) agama Budha.
(shf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1509 seconds (0.1#10.140)