Kapal Tongkang Batu Bara Tabrak Jembatan Ikon Jambi, 3 Awak Diamankan

Selasa, 14 Mei 2024 - 11:02 WIB
loading...
Kapal Tongkang Batu Bara Tabrak Jembatan Ikon Jambi, 3 Awak Diamankan
Kapal tongkang batu bara yang menabrak tiang penyangga Jembatan Aurduri I, ikon Kota Jambi, pada Senin (13/5/2024) tidak luput dari jerat hukum. Foto/Ist
A A A
JAMBI - Kapal tongkang bermuatan batubara yang menabrak tiang penyangga Jembatan Aurduri I, ikon Kota Jambi, pada Senin (13/5/2024) tidak luput dari jerat hukum. Ditpolairud Polda Jambi bergerak cepat mengamankan tiga orang awak kapal, termasuk nakhoda dan kepala kamar mesin, beserta satu unit kapal tongkang di wilayah Talang Duku, Muaro Jambi.

"Kami telah mengamankan tiga orang, yaitu nahkoda, kepala kamar mesin, dan anak buah kapal (ABK)," ungkap Direktur Polairud Polda Jambi Kombes Pol Agus Tri Waluyo, Selasa (16/5/2024).

Penangkapan ini dilakukan atas dasar informasi dari masyarakat dan hasil penyelidikan petugas yang menemukan tiang jembatan mengalami kerusakan akibat ditabrak kapal tongkang.

"Petugas langsung melakukan pengejaran terhadap kapal tongkang dan kapal tugboat, dan berhasil mengamankan tiga orang kru kapal," ujar Kombes Pol Agus.



Lebih lanjut, Kombes Pol Agus menjelaskan bahwa pihaknya akan mendalami insiden ini, termasuk memeriksa dokumen dan awak kapal, serta pemilik kapal tongkang dan kapal tugboat.

Peristiwa ini terekam dalam video berdurasi 45 detik yang viral di media sosial. Video tersebut menunjukkan kapal tongkang bermuatan batubara menabrak tiang penyangga jembatan saat hendak melintasi Jembatan Aurduri I dengan kondisi debit air Sungai Batanghari yang sedang naik.

Penabrakkan ini mengakibatkan kerusakan pada tiang penyangga jembatan, sehingga dikhawatirkan akan mengganggu kelayakan jembatan.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2227 seconds (0.1#10.140)
pixels