TNI AL Kerahkan Satgas SAR ke Lokasi Bencana di Lembah Anai Tanah Datar

Senin, 13 Mei 2024 - 13:04 WIB
loading...
TNI AL Kerahkan Satgas SAR ke Lokasi Bencana di Lembah Anai Tanah Datar
Lantamal II Padang mengerahkan tim Satgas bencana alam untuk melaksanakan (search and rescue) SAR di Lembah Anai, Tanah Datar, Sumsel, Senin (13/5/2024). Foto/Ist
A A A
TANAH DATAR - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Padang mengerahkan tim satuan tugas (satgas) bencana alam untuk melaksanakan SAR (search and rescue) di Lembah Anai, Tanah Datar, Sumsel, Senin (13/5/2024).

Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) II, Laksamana Pertama TNI Syufenri mengatakan, Tim SAR Lantamal II Padang telah disiapkan untuk menghadapi situasi bencana seperti yang yang terjadi saat ini di wilayah Sumbar.



"Kita harus peduli terhadap kondisi masyarakat sekitar, sehingga keberadaan kita di tengah masyarakat dapat dirasakan dalam konsep positif," katanya melalui keterangan resminya, Senin (13/5/2024).

Diketahui telah terjadi banjir bandang lahar dingin dari Gunung Marapi di wilayah Sumatera Barat yaitu di Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, dan Kota Padang Panjang, Sabtu (11/5/2024).



Akibatnya, sejumlah jalan terputus, ratusan rumah rusak serta menimbulkan puluhan korban jiwa.

"Tim Lantamal ll Padang yang tergabung dalam Satgas Bencana Basarnas Kota Padang saat ini melaksanakan SAR di lokasi Batang Anai, sampai dengan ke Muaro Anai yang berada di wilayah Lembah Anai, Tanah Datar," kata Syufenri.



Tim yang berkekuatan 16 personel ini, kata Syufenri, juga membawa perlengkapan seperti kendaraan truk, perahu karet, motor tempel, troli gandeng dan berbagai perlengkapan lain pendukung tim di lapangan.
(shf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1715 seconds (0.1#10.140)
pixels