Bripda Pol Carollina, Polwan Cantik MC Utama HUT ke-75 RI di Istana Negara

Selasa, 18 Agustus 2020 - 23:06 WIB
loading...
Bripda Pol Carollina, Polwan Cantik MC Utama HUT ke-75 RI di Istana Negara
Bripda Pol Carollina Apriliyanti, Polwan dari Polres Bogor yang terpilih menjadi MC utama Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara. Foto/Humas Polda Jabar
A A A
BANDUNG - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan RI di Istana Negara pada Senin (17/8/2020) terasa sangat khidmat. Meski masih dalam masa pandemi COVID-19, peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan terasa menggetarkan. Salah satu andil yang menciptakan suasana khidmat itu adalah master of ceremony (MC) utama yang memandu jalannya upacara.

Tentu sebuah kebanggaan tersendiri bagi siapapun yang dipercaya melaksanakan tugas sebagai MC utama dalam Upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Istana Negara. Disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, para menteri, duta besar negara sahabat, dan jutaan pasang mata rakyat Indonesia melalui televisi. (Baca juga: Dipakai Jokowi, Sepeda Lipat Kreuz Banjir Orderan hingga 2023)

Bripda Pol Carollina, Polwan Cantik MC Utama HUT ke-75 RI di Istana Negara

Mungkin banyak masyarakat yang bertanya-tanya, siapakah orang yang mendapatkan tugas membanggakan tersebut? Dia adalah Bripda Carolina Apriliyanti, seorang Polisi Wanita ( Polwan ) yang bertugas di Bagian Sumber Daya (Sumda) Polres Bogor, Polda Jawa Barat. (Baca juga: TKA asal China Tewas Terjatuh saat Pasang Tiang Elevated KCJB)

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi Adrimurlan Chaniago mengatakan, sebelum terpilih sebagai MC utama, Bripda Pol Carollina Apriliyanti harus mengikuti rangkaian seleksi sangat ketat. Awalnya, Carollina mendapat informasi untuk mengikuti seleksi MC di Mabes Polri. Dengan penuh percaya diri, Bripda Pol Carollina pun mengikuti seleksi, bersaing dengan 15 Polwan lain dari seluruh Indonesia.

Hasilnya, dari 16 Polwan yang mengikuti seleksi, terpilih dua Polwan untuk diseleksi lagi. Setelah itu dipilih 1 orang, yakni Bripda Pol Carollina Apriliyanti mewakili matra Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Selain dari Polri, matra TNI Angkatan Darat (AD), TNI Angkatan Laut (AL)L dan TNI Angkatan Udara (AU) juga menugaskan satu perwakilan untuk menjadi MC upacara HUT Kemerdekaan RI.

Setelah terpilih masing-masing satu orang permatra, 4 orang tersebut dilakukan penilaian untuk dipilih siapa yang menjadi MC utama detik-detik Proklamasi yang berlangsung pada pukul 10.17 WIB. Kemudian, MC upacara penurunan bendera pada sore hari, MC renungan suci pada dini hari, dan MclC pembacaan riwayat hidup. "Setelah dilakukan penilaian ketat, Bripda Carolina Apriliyanti terpilih sebagai MC utama detik-detik proklamasi pada pagi hari," ujar Kabid Humas.

Bripda Pol Carolina Apriliyanti mengatakan, untuk tugas tersebut, dia melaksanakan pelatihan selama seminggu mulai dari pukul 06.00 sampai dengan 15.00 WIB, setiap hari.

"Perasaan saya bangga karena sudah selama 3 tahun berturut-turut Polwan menjadi MC utama upacara peringatan detik-detik proklamasi dan saya bangga bisa mempertahankannya. Harapan saya, ke depannya agar pengganti saya bisa lebih baik lagi. Untuk junior-junior saya harus terus berusaha karena tidak ada yang tidak mungkin." kata Bripda Pol Carolina Apriliyanti.

Polwan manis berdarah NTT, putri pertama pasangan Daniel Mbonggi (58) dan Wihelmina Yulita Mane Londa (49) tersebut, memang sudah terbiasa membawakan acara di Polres Bogor. Selain membawakan acara, Bripda Carolina pun memiliki segudang prestasi lain, di antaranya Operasi Kemanusiaan Tsunami Palu, Juara 1 Lomba Vlog Se-Polda Jawa Barat, dan jago menyanyi.

Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy mengaku sangat bangga Polwan Polres Bogor dapat berprestasi di tingkat nasional. “Saya sangat bangga, anggota Polwan Polres Bogor dapat berprestasi dan mengharumkan nama institusi di tingkat nasional,” katanya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1604 seconds (0.1#10.140)