alexametrics

Gelombang dan Banjir Rob Hantam Polman, Warga Panik dan Mengungsi

loading...
Gelombang dan Banjir Rob Hantam Polman, Warga Panik dan Mengungsi
Banjir rob kembali menerjang wilayah pesisir Pantai Mampie, Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat pada Rabu siang (23/1/2019) membuat warga panik. Foto iNews TV/Huzair Z
A+ A-
POLMAN - Banjir rob kembali menerjang wilayah pesisir Pantai Mampie, Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat pada Rabu siang (23/1/2019) membuat warga panik. Mereka dengan berbondong-bondong memilih untuk mengungsi dan mengemasi barang berharga mereka kareta takut datangnya gelombang besar yang merendam rumah rumah di pesisir pantai.

Boli (58) warga setempat mengatakan, sebelumnya warga telah bersiaga sejak cuaca buruk terjadi namun tidak bias berbuat banyak lantaran gelombang pasang disertai ombak besar ini lebih cepat datangnya.

“Akibat gelombang pasang laut ini menyebabkan banjir rob yang menerjang pemukiman warga. Bahkan derasnya air laut memasuki perkampungan membuat beberapa warga tak sempat menyelamatkan barang berharga miliknya,” kata dia.



Ketinggian banjir rob, lanjut dia, bahkan mencapai lutut orang dewasa. Kebanyakan rumah warga yang terendam banjir berada radius 500 meter dari pesisir pantai.

“Mulai dari ibu ibu, anak-anak khususnya balita dan juga lansia segera dievakuasi dan mengungsi ke tempat yang lebih aman,” timpalnya.

Kebanyakan warga, ungkap dia, hanya bisa membawa barang seadanya saja mereka memilih mengungsi ke desa tetangga yang jauh dari pesisir pantai.

Sebelumnya gelombang pasang tinggi yang disertai ombak besar ini sejak kemarin menerjang wilayah Pantai Polewali Mandar. Bahkan tidak sedikit rumah warga yang rusak akibat gelombang pasang yang juga menyebabkan banjir rob ini.

Tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Barat rencananya hari ini akan tiba di Desa Mampie, Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Selain melakukan evakuasi bagi warga yang berada pesisir pantai petugas SAR ini nanti juga akan memantau kondisi banjir rob.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak