Masih Ada Sisa Perjuangan Veteran di KCVRI

loading...
Masih Ada Sisa Perjuangan Veteran di KCVRI
Para veteran yang tergabung dalam Korps Cacat Veteran Republik Indonesia (KCVRI) masih tetap eksis dan terus menebar semangat nasionalisme.Foto/SINDONews/Aan Haryono
SURABAYA - Para veteran yang tergabung dalam Korps Cacat Veteran Republik Indonesia (KCVRI) tak pernah luntur jiwa nasionalismenya. Dengan berbagai keterbatasan, mereka masih menyisahkan sisa perjuangan dalam dirinya di masa kini.

Wakil Ketua KCVRI Surabaya, Didik Rudianto menuturkan, dalam tiap tahun semua veteran dalam KCVRI rutin mengadakan kegiatan terkait kepahlawanan. Pihaknya pun berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti Dinas Sosial (Dinsos) Surabaya.

(Baca juga:Dapat Uang Baru Pecahan Rp75.000, Ini Komentar Gubernur Khofifah)

“Jadi Dinsos banyak membantu kami untuk kegiatan kami per tahun itu. Tapi, pada tahun 2018, karena kami ada yang mengalami musibah, jadi kita hentikan (kegiatan) sampai sekarang ini. Jadi dua tahun sudah vakum kami tidak mengadakan kegiatan,” kata Didik, Selasa, (18/8/2020).



Ia melanjutkan, Sekretariat KCVRI merupakan aset milik Kodam V Brawijaya. Meski demikian, Dinsos juga banyak membantu ketika KCVRI mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan kepahlawanan. "Saat ini yang merawat Kantor Sekretariat KCVRI adalah ahli waris atau generasi penerus,” ungkapnya.

(Baca juga:Pasien COVID-19 RSI Surabaya Lakukan Penghormatan Bendera)

Didik menambahkan, bahwa bangunan ini dulu pernah ditempati sebanyak 14 KK veteran anggota KCVRI. Nah, sejak 2015, Pemkot Surabaya telah memberikan fasilitas kepada anggota KCVRI berupa Perumahan Veteran Pakal.



“Dulu (Kantor Sekretariat KCVRI) ditempati 14 KK, sekarang tinggal 3 orang (ahli waris) yang merawat bangunan ini termasuk yang pegang kunci gedung ini,” katanya.

Kepala Dinsos Kota Surabaya, Suharto Wardoyo menuturkan, sejak 2015 anggota KCVRI sudah dipindahkan ke Perumahan Veteran Pakal, jumlahnya ada 14 KK penghuni di KCVRI.

Fasilitas anggota KCVRI berupa perumahan di Pakal dengan status pinjam pakai. Bahkan, dahulu ketika KCVRI mengadakan kegiatan terkait kepahlawanan, pemkot juga ikut membantu.
(msd)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top