Peringati Hari Dharma Samudera, Lantamal IV Bersihkan Pantai

Senin, 14 Januari 2019 - 14:46 WIB
Peringati Hari Dharma Samudera, Lantamal IV Bersihkan Pantai
Peringati Hari Dharma Samudera, Lantamal IV Bersihkan Pantai
A A A
TANJUNG PINANG - Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjung Pinang, Kepri menggelar bersih-bersih pantai dalam rangka memperinati Hari Dharma Samudra tahun 2019, Senin (14/1/2019). Kegiatan bersih-bersih pantai digelar dari Pantai Taman Bahari yang berada di Markas Komando (Mako) Lantamal IV sampai pinggiran pantai Teluk Keriting Tanjung Pinang.

Komandan Lantamal IV (Danlantamal IV) Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno mengatakan, bersih-bersih pantai tersebut dilakukan untuk memperingati hari Dharma Samudera. Peringatan Hari Dharma Samudera itu juga sebagai bentuk memperingati peristiwa pertempuran hebat yang terjadi di Laut Arapuru 15 Januari 1962 silam."Bersih-bersih sampah di pantai ini juga merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan jajaran Lantamal IV Tanjungpinang," kata Eko di lokasi.
Dalam peringatan Hari Dharma Samudera ini, pihaknya menggandeng seluruh elemen masyarakat, baik jajaran TNI AL, TNI AD, TNI AU, Polri, Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungpinang maupun organisasi masyarakat untuk membersihkan pantai di Tanjungpinang. Menurut dia, sampah laut saat ini masih merupakan permasalahan yang harus secara terus-menerus diperangi.

"Khususnya di Tanjung Pinang pada musim tertentu, seperti musim angin utara saat ini, kondisi pasang-surut menjadikan sampah terperangkap memenuhi kawasan pesisir," ujarnya.
Peringati Hari Dharma Samudera, Lantamal IV Bersihkan Pantai

Sekretaris Daerah Kota Tanjung Pinang Riono menyampaikan, kegiatan dilakukan Lantamal IV Tanjung Pinang sejalan dengan tujuan Pemko Tanjung Pinang dalam memerangi sampah khususnya sampah laut. Pemko Tanjung Pinang juga berupaya merubah cara berpikir (mindset) masyarakat agar tidak membuang sampah di laut.

"Tahun 2018, Tanjung Pinang kembali memperoleh piala Adipura. Kegiatan yang dilaksanakan Lantamal IV sejalan dengan apa yang diupayakan pemerintah dalam penerimaan Adipura yang persyaratannya dari tahun ke tahun bertambah," tuturnya.

Selain melibatkan personel TNI Angkatan Laut yang terdiri dari Lantamal IV, Rumkital Dr Midiyato Suratani, Fasharkan Mentigi, Wing Udara 2 dan Lanudal Tanjung Pinang, serta Ibu-ibu Jalasenastri Korcab IV Daerah Jalasenastri Armada I.Kegiatan ini juga juga diikuti perwakilan instansi samping lainnya mulai dari Korem 033/WP, Lanud RHF, Polres Tanjung Pinang, Pemerintah Daerah dan Kota Tanjungpinang, KSOP Tanjungpinang, Satpol PP Tanjung Pinang serta beberapa organisasi kemasyarakatan. Kemudian Wadan Lantamal IV, para Asisten Danlantamal IV, Kepala Dinas dan Kepala Satuan Kerja serta Komandan di Lantamal IV.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5035 seconds (0.1#10.140)