alexametrics

Cegah Penyelundupan Barang Terlarang, Bandara Nusawiru Diperketat

loading...
Cegah Penyelundupan Barang Terlarang, Bandara Nusawiru Diperketat
Tempat pemeriksaan barang calon penumpang Bandara Nusawiru. SINDOnews/Syamsul Maarif
A+ A-
PANGANDARAN - Pemeriksaan calon penumpang dan barang di Bandara Nusawiru Pangandaran diperketat untuk mencegah penyelundupan barang terlarang.

Koordinator Bandara Nusawiru Hendra Gunawan mengatakan, sebelumnya pemeriksaan calon penumpang pesawat di Bandara Nusawiru dilakukan secara manual. "Pemeriksaan barang calon penumpang pesawat sebelumnya dengan cara digeledah tas yang dibawa dibuka satu per satu," kata Hendra.

Pemeriksaan barang secara manual tersebut terkadang terkesan tidak etis dan banyak privasi calon penumpang yang terganggu oleh petugas. "Kami sekarang memiliki alat untuk pemeriksaan barang dan calon penumpang pesawat," tambah Hendra.



Alat tersebut meliputi alat pemeriksaan barang bawaan tas besar, alat pemeriksaan tas kecil dan alat pemeriksaan tubuh calon penumpang. "Dengan alat tersebut, jika ada calon penumpang yang membawa barang terlarang akan terdeteksi," tutur Hendra.

Hendra menjelaskan, pemberlakuan pemeriksaan barang dan calon penumpang pesawat diberlakukan di seluruh bandara diberbagai negara. "Tujuannya dalam rangka mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama berlangsungnya penerbangan," jelasnya.

Hendra menerangkan, selama bertugas di Bandara Nusawiru belum pernah menemukan penyelundupan barang terlarang seperti narkoba dan barang terlarang lainnya.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak