Petinggi Sumsel dan Tokoh Lintas Agama Komitmen Melawan Hoaks

Senin, 07 Januari 2019 - 10:25 WIB
Petinggi Sumsel dan Tokoh Lintas Agama Komitmen Melawan Hoaks
Petinggi Sumsel dan Tokoh Lintas Agama Komitmen Melawan Hoaks
A A A
PALEMBANG - Jalan sehat kerukunan dalam rangka peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke-73 di Sumsel berlangsung meriah. Diikuti ribuan peserta, Jalan Sehat Minggu (6/1/2018) dilepas Gubernur Sumsel Herman Deru disaksikan Ketua DPRD Sumsel dan para tokoh masyarakat dan agama.

Sebelum jalan sehat, diawali dengan penandatanganan Komitmen Kerukunan Sumsel oleh Gubernur SumselHerman Deru, Ketua DPRD Sumsel HM A Gantada, Perwakilan Kodam II Sriwijaya, Perwakilan Polda Sumsel, serta tokoh agama dari Islam, Kristen, Katolik, Buddha, dan Hindu.

Adapun isi komitmen yang disepakati yakni pertama, bersepakat menjaga kerukunan dalam kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Kedua, membangun dialog antar tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh pemuda dengan mengedepankan prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat demi terciptanya kerukunan dan kedamaian.

Ketiga, membangun kesadaran umat beragama untuk menjalankan ibadah sesuai dengan kepercayaan dan keyakinan masing-masing.

Keempat, senantiasa menciptakan suasana damai dan menghargai perbedaan dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan RI.

Kelima, sepakat menolak semua bentuk provokasi yang mengancam serta menimbulkan perpecahan di masyarakat.

Keenam, berkomitmen menjaga persatuan dan kesatuan, serta mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di tahun politik ini, dan ketujuh bersama-sama melawan dan menolak hoaks.

Gubernur Sumsel Herman Deru memuji apa yang telah dilakukan Kemenag Sumsel. “Ini hebat, ini luar biasa,” ujar Deru saat melakukan penandatangan komitmen.

Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi mengaku gembira dengan antusiasme masyarakat mengikuti kegiatan ini. Juga peran serta dari keluarga besar Kemenag Sumsel dan stake holder yang turut menyumbangkan berbagai hadiah.

“Ada total 190 hadiah yang kita bagikan. Antara lain lima buah sepeda motor, 29 buah kulkas, dan lainnya. Mudah-mudahan para peserta merasa terhibur dan kita semua gembira dengan kegiatan ini,” harap Fajri sumringah.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6458 seconds (0.1#10.140)