alexametrics

Terpantau Ada Guguran Lava, Aktivitas Merapi Naik Jadi Waspada

loading...
Terpantau Ada Guguran Lava, Aktivitas Merapi Naik Jadi Waspada
Guguran lava terpantau di Gunung Merapi pada Jumat (4/1/2019) pukul 21.01 WIB dengan amplitudo 70 mm, durasi 150 detik dan jarak luncur 1.2 km, arah ke hulu Kali Gendol. Dokumen/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Guguran lava terpantau di Gunung Merapi pada Jumat (4/1/2019) pukul 21.01 WIB dengan amplitudo 70 mm, durasi 150 detik dan jarak luncur ± 1.2 km, arah ke hulu Kali Gendol. Tingkat aktivitas Merapi pun naik menjadi waspada (Level 2).

Menurut BPBD Kabupaten Klaten, beberapa desa di Kecamatan Kemalang terjadi hujan abu tipis. Tim TRC PB BPBD Klaten melakukan droping masker ke desa-desa yang dilaporkan terjadi hujan abu tipis.

Terkait dengan status waspadanya Gunung Merapi BPPTKG mengimbau, bahwa kegiatan pendakian Gunung Merapi untuk sementara tidak direkomendasikan kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana.



Kemudian, Radius 3 km dari puncak Gunung Merapi agar dikosongkan dari aktivitas penduduk. Masyarakat yang tinggal di KRB III mohon meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas G unung Merapi dan Jika terjadi perubahan aktivitas Gunung Merapi yang signifikan maka status aktivitas Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali.

Masyarakat juga diminta agar tidak terpancing isu-isu mengenai erupsi Gunung Merapi yang tidak jelas sumbernya dan tetap mengikuti arahan aparat pemerintah daerah atau menanyakan langsung ke Pos Pengamatan G unung Merapi terdekat melalui radio komunikasi pada frekuensi 165.075 MHz, melalui website www.merapi.bgl.esdm go.id, media sodial BPPTKG, atau ke kantor BPPTKG, Jalan cendana no. 15 Yogyakarta. Pemerintah daerah direkomendasikan untuk mensosialisasikan kondisi Gunung Merapi saat ini.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak