Edarkan Uang Palsu untuk Beli Narkoba, 4 Pemuda di Kendari Ditangkap Polisi

Senin, 29 April 2024 - 12:10 WIB
loading...
Edarkan Uang Palsu untuk Beli Narkoba, 4 Pemuda di Kendari Ditangkap Polisi
Empat pemuda di Kendari, Sulawesi Tenggara, diringkus polisi karena mengedarkan uang palsu untuk membeli narkoba. Foto/Mukhtaruddin/MPI
A A A
KENDARI - Empat pemuda di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), diringkus polisi karena mengedarkan uang palsu untuk membeli narkoba. Para pelaku berinisial ML (31), FM (25), AF (32), dan IA (24) ditangkap di lokasi berbeda pada Minggu (28/4/2024).

Kasat Reskrim Polresta Kendari AKP Fitrayadi menjelaskan bahwa para pelaku bertransaksi di BRI Link di Jl. Pattimura Lrg. Suzuki I, Kelurahan Punggolaka, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari.

"Pelaku bertransaksi di BRI Link dengan mentransfer uang senilai Rp995 ribu," kata Fitra saat ditemui pada Senin (29/4/2024).

Usaha transaksi pelaku di BRI Link gagal, sehingga mereka meminta admin BRI Link untuk melakukan transfer ke aplikasi Dana. Pelaku kemudian menyerahkan 10 lembar uang seratus rupiah palsu kepada admin.



"Setelah berhasil bertransaksi, para pelaku kemudian mengambil dana tersebut dan digunakan untuk membeli narkoba," ujar Fitra.

Lebih lanjut, Fitra menjelaskan bahwa uang palsu tersebut dibuat sendiri oleh para pelaku dengan menggunakan kertas HVS dan printer.

Dari tangan para pelaku, polisi menyita beberapa barang bukti, seperti printer, kertas HVS, uang rupiah palsu, dan sejumlah alat isap narkoba.

"Barang bukti yang disita, uang palsu, print, kertas dan alat isap narkoba," kata Fitra.

Hasil pengembangan menunjukkan bahwa 3 dari 4 pelaku terbukti terlibat dalam mengedarkan uang palsu. Sedangkan IA (24) tidak terbukti terlibat.

Akibat perbuatannya, para pelaku dijerat Pasal 26 ayat (1), ayat (2) dan ayat (3) Jo Pasal 36 UU RI No. 7 tahun 2011 tentang Mata Uang Jo. Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP dengan ancaman 15 tahun penjara.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)