Bupati Serang Hattrick Raih Anugerah Parahita Ekapraya

Rabu, 19 Desember 2018 - 19:20 WIB
Bupati Serang Hattrick Raih Anugerah Parahita Ekapraya
Bupati Serang Hattrick Raih Anugerah Parahita Ekapraya
A A A
JAKARTA - Bupati Serang, Banten, Ratu Tatu Chasanah berhasil mempertahankan prestasinya di bidang pemberdayaan perempuan, pengarusutamaan gender (PUG), dan perlindungan anak.

Dalam siaran persnya, bupati perempuan pertama di Serang ini tiga kali berturut-turut meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tingkat madya sejak 2014.

APE tingkat Madya diserahkan langsung Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Susana Yembise di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (19/12/2018). Anugerah yang disampaikan setiap dua tahun ini diberikan kepada 9 kementerian/lembaga, 22 pemerintah provinsi, dan 159 pemerintah kabupaten/kota.

APE dibagi menjadi empat kategori, yaitu Pratama, Madya, Utama, dan Mentor. Selain keempat kategori tersebut, Penghargaan khusus juga diberikan kepada Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) atas peran aktif dalam menggerakkan strategi PUG dalam pembangunan.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh instansi yang telah berhasil meraih penghargaan ini. Jusuf Kalla menilai, peran perempuan saat ini telah berubah seiring perkembangan pendidikan dan teknologi.

“Sebanyak 25 persen menteri di kabinet saat ini adalah perempuan. Jadi kita punya kemajuan berarti dalam bidang pemberdayaan perempuan,” ujarnya.

Menteri PPPA Yohana Susana Yembise mengatakan, APE diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang komitmen melaksanakan pembangunan pemberdayaan dan perlindungan anak melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

“Melalui penghargaan APE ini diharapkan semakin memotivasi dalam melakukan berbagai inisiatif untuk mewujudkan proses pelaksanaan pembangunan dan menjamin hasil pembangunan yang adil bagi semua. Mari terus berkreasi untuk perempuan dan anak Indonesia,” ujar Yohana.

Sementara Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, APE menjadi kebanggaan bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang. Tetapi tidak boleh berpuas diri dan harus menjadi motivasi untuk terus menjalankan program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Apalagi, kata dia, Kabupaten Serang dalam kategori madya dan harus ditingkatkan menjadi APE utama.

“APE tingkat madya ini menggambarkan bahwa kebijakan dan program Pemkab Serang sudah berjalan dengan baik. Namun masih menjadi pekerjaan rumah, bagaimana pengarusutamaan gender ini diimplementasikan oleh masyarakat,” ujarnya.

Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Serang Oyon Suryono menambahkan, APE diberikan dua tahun sekali. Ini menggambarkan kebijakan Pemkab Serang sudah mendukung pemberdayaan perempuan serta pengarusutamaan gender dan perlindungan anak.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9581 seconds (0.1#10.140)