5 Jembatan di Lumajang Putus Akibat Banjir Lahar Dingin Semeru

Jum'at, 19 April 2024 - 11:24 WIB
loading...
5 Jembatan di Lumajang Putus Akibat Banjir Lahar Dingin Semeru
Salah satu jembatan di Lumajang yang rusak akibat banjir lahar dingin Gunung Semeru. Foto/Ist
A A A
MALANG - Banjir lahar dingin Gunung Semeru yang menerjang wilayah Lumajang pada Kamis (18/4/2024) malam membawa dampak kerusakan pada infrastruktur, termasuk lima jembatan. Jembatan-jembatan yang terdampak antara lain Jembatan Tegir, Kloposawit, Nguter, Hamzah Pasirian, dan Jembatan Gondoruso.

Khusus untuk Jembatan Gondoruso, kondisi ini menjadi ironis karena jembatan ini tergolong baru dan baru saja diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada setahun lalu.

Menurut Kepala Dusun Pancut Desa Kloposawit, Hariyandi banjir lahar dingin menyebabkan kerusakan pada bagian sisi aspal Jembatan Gondoruso. Meskipun secara keseluruhan jembatan masih utuh, namun kondisinya tidak memungkinkan untuk dilalui.

"Jembatan memang masih utuh, tapi karena kerusakan pada aspal, tidak bisa dilalui kendaraan," ujar Hariyandi, dikonfirmasi pada Jumat (19/4/2024).



Jembatan Gondoruso yang baru ini dibangun sebagai pengganti jembatan lama yang juga roboh akibat banjir lahar dingin pada Juli 2023 lalu. Jembatan ini diharapkan memiliki daya tahan hingga 50 tahun, namun kuatnya aliran lahar dingin menyebabkan jembatan ini kembali terputus.

"Kami mohon perhatian masyarakat untuk mencari jalur alternatif," ungkap Hariyandi.

Sementara itu, Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni menyatakan bahwa pihaknya telah menerima laporan kerusakan infrastruktur akibat banjir lahar dingin. Beberapa rumah dilaporkan terendam banjir lahar dingin hingga di atas satu meter, dan beberapa fasilitas umum seperti jembatan di Desa Gondoruso dan Desa Kloposawit terdampak.

"Memang sudah dilaporkan beberapa infrastruktur terputus, seperti jembatan Kloposawit, tapi kita masih belum melihat secara langsung," kata Indah Wahyuni, melalui keterangan tertulisnya, pada Jumat (19/4/2024) pagi.

Prioritas utama saat ini adalah memastikan keselamatan jiwa masyarakat yang terdampak. Pihaknya telah menginstruksikan BPBD Kabupaten Lumajang untuk membuka posko darurat dan menyiapkan logistik dapur umum serta kebutuhan mendesak lainnya bagi para pengungsi.

"Saya minta BPBD untuk membuka posko kalau seandainya terjadinya kondisi kedaruratan seperti ini, dan besok akan segera kita rapatkan untuk kita tetapkan sebagai tanggap darurat," pungkasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1311 seconds (0.1#10.140)