Diterjang Banjir Lahar Dingin Semeru, 493 Warga Lumajang Mengungsi

Sabtu, 08 Juli 2023 - 06:23 WIB
loading...
Diterjang Banjir Lahar Dingin Semeru, 493 Warga Lumajang Mengungsi
493 warga Lumajang mengungsi terdampak banjir bandang lahar dingin Semeru dan tanah longsor. Foto/Istimewa
A A A
LUMAJANG - Pemerintah Kabupaten Lumajang mencatat sebanyak 493 orang mengungsi di beberapa titik yang disiagakan pascabanjir lahar dingin dan longsor.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengungkapkan, penanganan pengungsi telah dilakukan sejumlah instansi gabungan pada beberapa tempat yang sudah terkendali. Bahkan suplai untuk bahan-bahan makanan juga disiapkan kepada para pengungsi.

”Total pengungsi ada 493 orang yang tersebar di beberapa tempat,” kata Thoriqul Haq dalam
keterangannya, Sabtu (8/7/2023).

Cak Thoriq, sapaan akrabnya selanjutnya bakal memfokuskan pada pemulihan kedaruratan infrastruktur pascabencana lahar dingin dan tanah longsor yang menelan tiga korban jiwa di Kabupaten Lumajang.



Pemkab Lumajang juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melakukan asesmen rekonstruksi infrastruktur yang rusak.

Diterjang Banjir Lahar Dingin Semeru, 493 Warga Lumajang Mengungsi


”Langkah berikutnya, pemulihan kedaruratan infrastruktur, pembersihan longsoran, penanganan tanggul yang tergerus, dan normalisasi listrik. Untuk rekonstruksi infrastruktur rusak dilakukan assesmen, segera dikoordinasikan dengan Kementerian PUPR,” terangnya.

Kabid Kedaruratan, Rehabilitasi, dan Rekonstruksi BPBD Lumajang Adma Teguh menjelaskan, dari laporan yang masuk) ada 11 laporan tamah longsor dan aliran banjir lahar dingin.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1957 seconds (0.1#10.140)