Banjir Bandang Musi Rawas Utara, 17 Rumah Hanyut dan 23 Rusak Parah

Rabu, 17 April 2024 - 16:14 WIB
loading...
Banjir Bandang Musi Rawas Utara, 17 Rumah Hanyut dan 23 Rusak Parah
Banjir bandang menyebabkan 17 rumah warga di Desa Suka Menang, Kecamatan Karang Jaya, Muratara, hilang terbawa arus dan 23 rumah rusak parah. Foto/Sudirman
A A A
MUSI RAWAS UTARA - Banjir bandang menerjang Musi Rawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan, akibat Sungai Rupit meluap pada Selasa 16 April 2024. Banjir bandang menyebabkan 17 rumah warga di Desa Suka Menang, Kecamatan Karang Jaya, hilang terbawa arus dan 23 rumah rusak parah.

Data BPBP Muratara ada 2.839 rumah warga terdampak banjir. Saat ini bpbd terus melakukan penanganan darurat dengan menyelamatkan warga dan mengevakuasi ke tempat aman.

Ketinggian air di Desa Suka Menang saat pertama kejadian mencapai 5 meter lebih dan menenggelamkan hampir seluruh rumah warga. Banjir yang tinggi dan deras membuat akses jalan di Desa Suka Menang terputus.



Warga yang terjebak banjir berusaha menyelamatkan diri dengan menaiki pohon-pohon yang tinggi. Apalagi luapan Sungai Rupit berimbas ke 8 desa di sepanjang aliran Sungai, seperti Desa Muara Batang Mpu, Proyek, Sukaraja, Suka Menang, Terusan, Muara Tiku, Tanjung Agung, dan Lubuk Kumbung.

Kepala Desa Suka Menang , Al Patah mengatakan, akibat banjir kerugian ditaksir mencapai miliar rupiah. Selain menghanyutkan rumah warga, banjir juga menghanyutkan ternak milik warga.

“Warga yang rumahnya hilang akibat hanyut dan yang rusak parah terpaksa menunpang di rumah sanak keluarga sampai bisa kembali membangun tempat tinggal,” kata Al Patah, Rabu (17/4/2024).

Banjir juga dikabarkan menyebabkan dua warga meningga dunia. Namun, belum ada keterangan lebih lanjut tentang korban banjir.



Setelah banjir warga sibuk membersihkan puing-puing bangunan rumah yang berserakan. Warga berharap ada donatur yang baik hati membantu meringankan beban mereka.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4140 seconds (0.1#10.140)