Gubernur Banten Lantik Wali Kota Serang Terpilih di Banten Lama

Rabu, 05 Desember 2018 - 10:09 WIB
Gubernur Banten Lantik Wali Kota Serang Terpilih di Banten Lama
Gubernur Banten Lantik Wali Kota Serang Terpilih di Banten Lama
A A A
SERANG - Gubernur Banten Wahidin Halim akan melantik Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang terpilih Syafrudin-Subadri Usuludin di Kawasan Masjid Banten Lama, Kota Serang, Rabu (5/12/2018) pagi.

Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Banten Gunawan mengatakan, prosesi pelantikan kepala daerah sengaja di pilih di Banten Lama karena beberapa alasan seperti filosofi historic nya bahwa dulu, di sekitar Watu Gilang Keraton Surosowan adalah tempat penasbihan atau pengangkatan para sultan Banten.

"Berdasarkan alasan tersebut, pak Gubernur berinisiatif untuk melantik Walikota di Keraton Surosowan dan hasil konsultasi kita ke kemendagri pun di perkenankan," kata Gunawan, Rabu (5/12/2018).

Selain itu, sesuai dengan UU No 10 Thn 2016 Pasal 164 ayat 1 ttg perubahan UU No 1 Thn 2015 bahwa Bupati dan Wakil Bupati, Walkot dan Wakl Walkot di lantik oleh Gubernur di Ibukota Provinsi. "Pelantikan kepala daerah di Kawasan Banten Lama ini sejarah pertama kali nya di Banten," ujarnya.

Untuk diketahui, Walikota dan Wakil Walikota Serang hasil dari Pilkada Serentak tahun 2018 Syafrudin dan Subadri yang didukung empat parpol yakni PAN, Partai Hanura, PPP, dan PKS unggul dari dua rivalnya yakni Vera Nurlaela-Nurhasan dan Syamsul-Rohman.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7753 seconds (0.1#10.140)