Tepat 10.17 WIB, Pengendara di Bandung Nyanyikan Indonesia Raya

Senin, 17 Agustus 2020 - 14:23 WIB
loading...
Tepat 10.17 WIB, Pengendara di Bandung Nyanyikan Indonesia Raya
Para pengendara dan pejalan kaki di Kota Vandung, berhenti di lampu merah tepat pukul 10.17 WIB. Mereka menyanyikan lagu Indonesia Raya. Foto: SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Antusiasme masyarakat memperingati 75 tahun Hari Kemerdekaan Republik Indonesia terlihat di Kota Bandung . Para pengendara kendaraan baik motor maupun mobil berhenti di setiap perempatan tepat pukul 10.17 WIB atau detik-detik pembacaan teks proklamasi, Senin (17/8/2020).

Saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan melalui pengeras suara di lampu merah, para pengendara dan pejalan kaki melakukan sikap sempurna sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya. Mereka menyanyikan bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Beberapa saat sebelum pukul 10.17 WIB, para petugas dari Satuan Lalu Lintas (Satantas) Polrestabes Bandung dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung serentak menghentikan semua kendaraan yang melintas di jalan raya. (Baca juga : Gelar Upacara Kemerdekaan Secara Sederhana, Ini Permintaan Wali Kota Bandung )

Kemudian para petugas berbaris dengan sikap sempurna di tengah jalan, mengajak semua pengendara menyanyikan lagu Indonesia Raya. Meski masih ada warga yang tak menyanyikan lagu kebangsaan itu, tetapi suasana tetap khidmat.

Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi (PDKT) Dinas Perhubungan Kota Bandung Asep Kuswara mengatakan, peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di jalan raya dilaksanakan di dua titik, yakni perempatan Jalan Merdeka-Aceh dan Jalan Ir H Djuanda (Dago)-Cikapayang.

Asep mengatakan, kegiatan ini menjadi momentum atau embrio agar semua warga negara menghormati dan mencintai Indonesia. Para pengendara jalan itu diminta untuk memberhentikan kendaraannya oleh petugas Dinas Perhubungan dan petugas kepolisian di kedua persimpangan jalan tersebut.(Baca juga : Wisata di Bandung dapat Diskon, Yuk Pakai Tema Kemerdekaan )

"Para pengendara itu turun dari kendaraan, mendengarkan, dan ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya dikumandangkan pada pukul 10.17 WIB. Ke depan, setiap tahun akan dilaksanakan kegiatan seperti ini. sesuai imbauan Presiden," kata Asep di Jalan Merdeka, Kota Bandung, Senin (17/8/2020).
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0883 seconds (0.1#10.140)