alexametrics

Kirmir Ambrol, Lima Rumah di Bantaran Sungai Cidurian Terancam Ambruk

loading...
Kirmir Ambrol, Lima Rumah di Bantaran Sungai Cidurian Terancam Ambruk
Lima rumah di bantaran Sungai Cidurian, Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung terancam ambruk lantaran kirmir atau tanggul penahan tanah di bibir sungai ambrol. FOTO/SINDOnews/AGUS WARSUDI
A+ A-
BANDUNG - Lima rumah di bantaran Sungai Cidurian, Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat terancam ambruk lantaran kirmir atau tanggul penahan tanah di bibir sungai ambrol.

Kirmir ambrol akibat tergerus air Sungai Cidurian yang meluap setelah hujan deras mengguyur Kota Bandung dan sekitarnya pada Minggu (25/11/2018) sore. Akibatnya, lima rumah warga yang persis berada di sisi bantaran sungai mengalami kerusakan di bagian dapur.

Bowo, salah seorang warga yang rumahnya rusak akibat tanggul jebol menuturkan, kondisi tanggul terlihat retak sejak Kamis (23/11/2018), setelah air Sungai Cidurian meluap.



"Waktu hari Minggu, hujan lagi dan air kembali meluap sehingga merobohkan kirmir," katanya saat ditemui di lokasi kejadian, Senin (26/11/2018).

Untuk mengatisipasi hal serupa dan lebih buruk terjadi, lima kepala keluarga yang rumahnya terancam ambruk, mengungsi sementara ke rumah kerabat masing-masing.

Sementara itu, pantauan di lokasi kejadian, terlihat beberapa warga dibantu personel TNI dan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DKPB) membersihkan material reruntuhan.

Warga berharap Pemkot Bandung segera memperbaiki benteng yang jebol tersebut. Mereka khawatir, rumah-rumah yang berada di bantaran sungai roboh jika air Sungai Cidurian kembali meluap.
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak