Titik Longsor di Gununghalu KBB Meluas, 12 Rumah Terancam

Selasa, 28 September 2021 - 19:48 WIB
loading...
Titik Longsor di Gununghalu KBB Meluas, 12 Rumah Terancam
Camat Gununghalu dan Kapolsek memantau langsung lokasi longsor di Desa Sindangjaya yang terjadi secara sporadis namun dalam skala kecil akibat intensitas hujan tinggi dan turun setiap hari. Foto/ist
A A A
BANDUNG BARAT - Longsor di Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB) meluas ke sejumlah titik. Hasil pendataan kecamatan dan Polsek Gununghalu, ada 12 rumah yang terancam dan tersebar di beberapa kampung.

Camat Gununghalu Hari Mustika mengatakan, telah terjun ke lokasi longsoran dan memastikan tidak ada rumah yang rusak parah akibat tertimbun tanah. Kebanyakan rumah terkena material longsoran tanah, misalnya di bagian dapur saja atau bagian belakang rumahnya.

Baca juga: Hujan Beberapa Jam, Longsor Mengancam Warga di Bandung Barat

"Tidak ada rumah yang rusak berat, hanya rusak ringan dan posisinya terancam karena berada dekat tebing yang mengalami longsor. Ada sekitar 12 rumah yang posisinya terancam," ucapnya, Selasa (28/9/2021).

Dikatakannya, longsoran kecil namun sporadis tersebut disebabkan curah hujan yang tinggi dan hampir setiap hari turun di wilayah Gununghalu. Apalagi lokasi yang mengalami longsor merupakan daerah rawan karena merupakan kawasan permukiman yang berundak-undak dan banyak terdapat tebing.

Bahkan pada Senin (27/9/2021) tengah malam sempat terjadi lagi longsor susulan dengan intensitas kecil. Secara keseluruhan lokasi longsoran terdapat di Kampung Cikumulah RT 02/02, Kampung Cihaliwung RT 01/02, Kampung Tanjungsari RT 03/01, dan Kampung Cianting RT 04/01, Desa Sindangjaya.

Pihaknya sudah mengajukan surat bantuan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB untuk menurunkan bantuan makanan dan karung. Nantinya karung akan diisi tanah sebagai penahan di tebing-tebing yang longsor sebagai penguat struktur tanah agar tidak terjadi longsor susulan.

"Kami juga sudah meminta warga waspada dan mengungsi ke tempat aman jika hujan turun. Serta gotong royong membuat saluran air agar tidak terpusat di satu titik," ujarnya.

Kapolsek Gununghalu AKP Yogaswara menambahkan, tidak ada korban jiwa atau terluka dari peristiwa longsor tersebut. Untuk kerugian materi dari 12 rumah yang rusak di empat kampung diprediksi kurang lebih sekitar Rp100 juta. Dirinya mengimbau warga tetap waspadai potensi longsor susulan terutama saat hujan deras.

"Kalau hujan deras turun dengan waktu yang lama, dikhawatirkan terjadi longsor susulan. Makanya warga harus tetap waspada, kalau perlu ada siskamling sebagai deteksi dini jika sewaktu-waktu bencana terjadi di malam hari," tuturnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0959 seconds (0.1#10.140)