Buku 'Sumut Bangga' Segera Diluncurkan di Medan

Rabu, 14 November 2018 - 18:42 WIB
Buku Sumut Bangga Segera Diluncurkan di Medan
Buku 'Sumut Bangga' Segera Diluncurkan di Medan
A A A
JAKARTA - Sumatera Utara (Sumut) boleh berbangga karena memiliki putra putri terbaik bangsa. Banyak orang-orang penting di Tanah Air berasal dari Sumut dan mereka eksis di berbagai lini dan latar belakang.

Beberapa jurnalis asal Medan yang bertugas di Jakarta akan meluncurkan sebuah buku yang memuat profil tokoh-tokoh asal Sumatera Utara. Buku berjudul "SUMUT BANGGA, 21 Tokoh yang Memotivasi" ini akan launching di Medan pada Jumat (16/11/2018).

Semua profil tokoh yang ada dalam buku itu ditulis oleh para jurnalis asal Medan dan tergabung dalam sebuah komunitas bernama satukedai.com.

“Kami berinisiatif mencari dan menuliskan tokoh-tokoh asal Sumatera Utara. Namun ternyata sangat banyak tokoh asal Sumut. Akhirnya disepakati, tokoh yang ditulis adalah mereka yang memiliki latar belakang menarik dan menginspirasi,” kata seorang penulis, Denny S Batubara didampingi salah satu Anggota Tim satukedai.com, M Darwinsyah dalam keterangan persnya, Rabu (14/11/2018).

Menurut mereka, tidak mudah untuk menentukan 21 tokoh yang akan dimuat. Dan tidak semua tokoh asal Sumut bisa ditampilkan karena terbatasnya tempat. Lewat diskusi panjang dan kriteria yang dipersempit, akhirnya terpilihlah 21 nama yang muncul di buku ‘Sumut Bangga’. Para tokoh dibagi dalam beberapa kategori.

Nama-nama tokoh yang ada dalam buku ‘Sumut Bangga’ di antaranya Aditya (pegiat animator), Merdi Sihombing (desainer) dan Ariska Puteri Pertiwi (Miss Grand International) untuk bidang Seni Kreatif.

Lalu ada Sofyan Tan (tokoh pembauran) untuk bidang Pendidikan. Di bidang Film dan Musik ada nama Babe Cabita (komedian/komika), Joko Anwar (sutradara) dan Putri Ayu Silaen (penyanyi). Hinca IP Pandjaitan XIII (Sekjen Partai Demokrat) dan Dahnil Anzhar Simanjuntak (Ketua Pemuda Muhammadiyah) di bidang Sosial Politik.

Selanjutnya, Lindswell Kwok (Juara Dunia Wushu) di bidang Olah Raga. Di bidang Hukum ada nama Farid Wajdi (Juru Bicara KY), Lili Pintauli Siregar (Komisioner LPSK) dan Mahmud Mulyadi (akademisi/pakar hukum).

Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM), Henri Saragih (Ketua Umum Serikat Petani Indonesia) dan Ahmad Sofian (aktivis perlindungan anak) di bidang Hak Asasi Manusia. Di bidang Ekonomi dan Bisnis ada nama Raden Pardede (ekonom), Guntur Syahputra Saragih (Komisioner KPPU) dan Nennie Naugan Simanungkalit (pengusaha kopi wanita).

Dan terakhir, bidang Media dan Buku ada nama Ika Natassa (novelis) dan Teguh Santosa (Pemimpin Umum Kantor Berita Politik RMOL). (Baca Juga: Wujud Syukur Atas Peluncuran Buku “Barus” )

Buku ‘Sumut Bangga’ ini ditulis oleh sejumlah jurnalis dan pegiat kreatif yakni Denny Setiawan Batubara, Muhammad Ikhwan, Amelia Ramadhani, Ekmal Muhammmad, Muhammad Darwinsyah, Emil W Aulia, Ken Norton Hutasoit, Rumondang Nainggolan, Didik Luhur Pambudi, Yuni Pulungan dan Muhammad Riza Nasser.

“Buku Sumut Bangga ini tidak diperjualbelikan sebagai penghormatan kepada tokoh yang bersedia berbagi kisah tanpa meminta imbalan apa pun. Buku ini akan dibagikan untuk generasi muda agar mengetahui bahwa Sumut memiliki banyak tokoh berprestasi,” tutup Denny. (Baca Juga: Buku 14 Top CEO Asing di Indonesia Diluncurkan )
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2862 seconds (0.1#10.140)