Setiap Tahun Ratusan Ribu Hektare Tanah Produktif Berkurang

Minggu, 11 November 2018 - 19:06 WIB
Setiap Tahun Ratusan Ribu Hektare Tanah Produktif Berkurang
Setiap Tahun Ratusan Ribu Hektare Tanah Produktif Berkurang
A A A
MAJALENGKA - Ketua HKTI Moeldoko mengaku prihatin dengan semakin berkurangnya lahan produktif setiap tahun. Bahkan lahan produktif yang berkurang jumlahnya mencapai ratusan ribu hektare.

"Bahwa saat ini, dari waktu ke waktu tanah telah mengalami penurunan jumlah dan kualitas. Rata-rata dalam satu tahun tanah produktif kita berkurang 120.000 hektare," kata Moeldoko saat menghadiri Rampak Genteng di Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Minggu (11/11/2018).

Berkurangnya lahan pertanian produktif disebabkan berbagai hal. Di antaranya, pengelolaan lahan yang tidak ideal, seperti penggunaan pestisida, menjadi salah satu pemicu dari tingginya angka penurunan lahan produktif itu.

Terkait hal itu, Moeldoko mengatakan, penggunaan teknologi dan mengubah pengelolaan bidang pertanian dengan cara modern, mutlak harus dilakukan. "Untuk itu, tidak cara lain, maka intensifikasi pertanian dengam cara-cara modern dan teknologi tinggi harus dikembangkan terus menerus. Agar kecukupan pangan kita terjaga dengan baik," tuturnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0434 seconds (0.1#10.140)