Pandemi COVID-19, Pemprov Jatim Tak Undang Veteran Upacara HUT RI

Minggu, 16 Agustus 2020 - 07:07 WIB
loading...
Pandemi COVID-19, Pemprov Jatim Tak Undang Veteran Upacara HUT RI
Pemprov Jatim tidak menghadirkan veteran dalam upacara HUT Kemerdekaan di Grahadi karena alasan pandemi COVID-19.Foto/dok
A A A
SURABAYA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) akan menggelar Upacara Kemerdekaan HUT ke-75 RI di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (17/8/2020) besok.

Di masa pandemi COVID-19 ini, Pemprov Jatim tidak mengundang tamu besar-besaran seperti tahun sebelumnya. Para veteran pejuang dan janda veteran pejuang tidak lagi diundang. "Nanti ada utusan dari Gubernur Jatim yang akan datang memberikan tali asih ke rumah-rumah mereka," kata Kepala BPSDM Jatim, Aries Agung Paewai, Minggu (16/8/2020).

Sesuai surat dari Sekretariat Negara, pelaksanaan Upacara Kemerdekaan 17 Agustus 2020 ini harus menerapkan protokol kesehatan. Jika dulu pasukan upacara bisa mencapai 1.200 orang, kini hanya 50 orang saja. Sedangkan undangan yang dulu berjumlah 3.500 orang, sekarang tinggal 120 orang saja.

(Baca juga: Khofifah Ajak Warga Jatim Hentikan Aktivitas 3 Menit Peringati HUT Kemerdekaan )

"Sekarang petugas Paskibraka kita hanya tita orang pengibar bendera pagi dan tiga orang lagi untuk penurunan bendera sore hari, dengan cadangan empat orang,” tegas pejabat asal Sulawesi Selatan ini.

Aries mengaku setiap tahun peringatan upacara 17 Agustus memiliki berbagai rangkaian acara dimana di Jatim diawali dengan penganugerahan Satya Lencana Karya Satya yang sudah dilakukan mulai Kamis (13/8/2020) dan pemberian penghargaan Jer Basuki Mawa Beya dari Provinsi Jatim.

“Kegiatannya tidak jauh berbeda dengan di Jakarta, yang membedakannya adalah pelaksanaan protokol kesehatan, dengan jumlah peserta dan undangan yang sangat minimalis serta dilakukan lebih dulu dari Jakarta,” jelasnya.

(Baca juga: Tiba-tiba Konferensi Pers, Putra Sulung Tri Rismaharini Siap Maju Pilwali )

Mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim ini menambahkan, dengan tidak mengurangi makna Pengibaran Bendera yang prosedur dan pelaksanaannya tetap, namun waktunya saja yang berubah. “Sekarang kita melaksanakan upacara pukul 07.30 WIB dan akan selesai pada pukul 09.00 WIB. Semua dilakukan di Ibukota Provinsi dan setiap kabupaten kota," ujarnya.

Usai upacara Pengibaran Bendera dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan ke-75 RI, Gubernur Jatim dan Forkopimda langsung pindah masuk ke dalam Gedung Grahadi untuk mengikuti upacara secara virtual dari Istana Negara Jakarta.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1518 seconds (0.1#10.140)