Air Berubah Warna Merah, PDAM Solo Langsung Bertindak

Rabu, 17 Oktober 2018 - 20:45 WIB
Air Berubah Warna Merah, PDAM Solo Langsung Bertindak
Air Berubah Warna Merah, PDAM Solo Langsung Bertindak
A A A
SOLO - Sejak sepekan terakhir, air dari PDAM Solo yang masuk ke pemukiman warga di Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah berubah warna. Menanggapi ini, pihak PDAM Solo langsung bertindak.

Warga sempat mengeluhkan kondisi air ini. Sebab, air berwarna keluar saat malam ketika debit air PDAM kencang. Semula, air yang keluar berwarna keruh. Kemudian berubah lagi berwarna biru dan ungu. Dan pada beberapa hari terakhir berwarna merah bata.

“Yang paling parah terakhir kali warnanya merah darah,” kata Heru Pratmono (47), warga Perumahan Banyuanyar Indah, Solo, Jawa Tengah, Rabu (17/10/2018).

Perubahan warna air di kawasan perumahan yang tak begitu jauh dengan kediaman pribadi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Solo tersebut lalu dilaporkan ke PDAM setempat.

Begitu mendapat laporan, PDAM Solo merespons cepat keluhan warga. Petugas PDAM menggali sejumlah lubang saluran pipa untuk menelusuri penyebab air menjadi berwarna. Ketika pagi hingga sore, air yang keluar tidak berwarna.

Namun, warga tetap khawatir ada dampak yang muncul ketika memakainya, seperti merasakan gatal di kulit. Sedangkan untuk keperluan memasak, banyak warga yang membeli air bersih dari Gunung Lawu. Sedangkan warga yang terdampak terdapat tiga RT di perumahan itu.

Kepala Cabang PDAM Solo Sarwono mengatakan, pihaknya langsung mencari asal usul air hingga menjadi warna merah. Pipa saluran air PDAM di kawasan pemukiman yang terdampak sempat dipotong untuk penelusuran. Hasilnya, petugas PDAM Solo mendapati warna itu berasal dari pipa di saluran arah timur.

“Kami terus menelusuri akar persoalannya dan mendapatkan informasi jika ada pabrik pembuat warna,” ungkap Sarwono.

Tempat usaha itu kemudian disidak oleh sejumlah instansi di lingkungan Pemkot Solo. Seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH), PDAM Solo, dan Satpol PP. Pihaknya juga berkoordinasi dengan Polresta Solo. Dari pemeriksaan, ada dugaan air PDAM tercemar limbah tempat usaha itu.

Selanjutnya, persoalan itu ditangani instansi terkait seperti DLH menyangkut pembuangan limbah. Kemudian Satpol PP terkait perizinan usaha, dan PDAM Solo terkait teknisnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.9145 seconds (0.1#10.140)