Apel Perdana PNS di Sulteng, Dukcapil Layani Laporan Keluarga Meninggal

Selasa, 09 Oktober 2018 - 10:17 WIB
Apel Perdana PNS di Sulteng, Dukcapil Layani Laporan Keluarga Meninggal
Apel Perdana PNS di Sulteng, Dukcapil Layani Laporan Keluarga Meninggal
A A A
JAKARTA - Ketua Sub Satgas Pendampingan Pusat Bencana Genpa Sulteng Laksamana Muda Achmad Djamaluddin mengungkapkan sejumlah pegawai negeri sipil (PNS) di sejumlah instansi pemerintahan di Sulawesi Tengah sudah mulai melakukan apel perdana sejak Senin (8/10/2018) pagi.

"Pemerintaah disana sudah mulai jalan artinya tadi pagi sudah apel perdana dan melayani masyarakat," ungkap Djamal di Kantor BNPB, Jakarta.

Djamal menjelaskan dari beberapa instasi yang mulai berjalan, seperti kantor Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) pun sudah mulai melayani masyarakat yang melapor mengenai keluarga yang meninggal pascagempa.

"Terutama Dukcapil sudah melayani permintaan surat-surat kematian para korban dan sebagainya," jelas Djamal.

Diketahui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat korban meninggal dalam bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawedi tengah mencapai 1.948 jiwa. Kemudian jumlah korban luka sebanyak 10.679 orang dan warga hilang ada 835 orang. Sedangkan, jumlah pengungsi hingga hari ini mencapai 74.444 orang yang tersebar di 147 titik pengungsian.

Oleh karena itu, data pelaporan orang yang meninggal dunia ini, kata Djamal, sangat penting untuk membantu Kementerian Sosial (Kemensos) dalam menyalurkan bantuan duka cita bagi para ahli waris korban gempa.

"Itu (laporan warga meninggal dunia) nantinya bisa digunakan dan membantu Kemensos untuk mendukung penyaluran bansos nantinya pasca bencana di Sulawesi Tengah," tuturnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2248 seconds (0.1#10.140)