5 Kandidat Bakal Bersaing Jadi Ketua PWI

Kamis, 27 September 2018 - 03:19 WIB
5 Kandidat Bakal Bersaing Jadi Ketua PWI
5 Kandidat Bakal Bersaing Jadi Ketua PWI
A A A
SOLO - Pemilihan Ketua Umum menjadi salah satu agenda utama Kongres XXIV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang akan digelar di Kota Solo, Jawa Tengah, 27-30 September 2018. Lima kandidat bakal bertarung dalam kongres yang rencananya dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ketua Panitia Pengarah Kongres XXIV PWI Ilham Bintang mengemukakan, kongres akan diikuti sekitar 150 peserta dan peninjau. Selain pengurus harian PWI pusat, PWI Provinsi, plus PWI Solo serta unsur unsur PWI lainnya sebagai peserta, ada pula peninjau dari unsur PWI maupun luar PWI.

"Antara lain Dewan Pers, Serikat Penerbit Surat Kabar, organisasi perusahaan periklanan, radio, televisi, aliansi jurnalis, dan organisasi pers nasional dari Malaysia," kata Ilham Bintang saat jumpa pers di Solo, Jawa Tengah, Rabu (26/9) malam.

Sementara nama nama kandidat Calon Ketua Umum PWI adalah Hendry Ch.Bangun (Kompas), Teguh Santosa (Kantor Berita Politik RMOL), Sasongko Tedjo (Suara Merdeka), Atal S Depari (sportanews.com) dan Ahmad Munir (Antara).

"Masing-masing kandidat harus menandatangani pakta integritas, di antaranya tidak terlibat dalam politik uang guna memenangkan sebagai ketua umum," paparnya. Setelah terpilih, tidak akan terlibat dan membawa nama PWI dalam politik praktis.

Ada pun proses pemilihannya Ketua Umum PWI, jika tidak bisa melalui musyawarah mufakat, disepakati lewat pemilihan suara dengan mengacu pada PD/PRT dan kaidah kode etik jurnalistik.

Kandidat yang nantinya terpilih akan menggantikan Margiono yang telah memimpin PWI selama dua periode berturut- turut.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6822 seconds (0.1#10.140)