Kisah Karamah Sunan Kalijaga, Bisa Mengubah Beras Jadi Pasir

Rabu, 13 Maret 2024 - 12:45 WIB
loading...
Kisah Karamah Sunan Kalijaga, Bisa Mengubah Beras Jadi Pasir
Sunan Kalijaga berdoa kepada Allah, memohon agar pasir itu dikembalikan menjadi beras. Dan atas izin Allah, karung-karung pasir itu pun kembali menjadi beras. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
Di sebuah desa yang dikelilingi oleh hijauan sawah, terdapat sebuah dusun yang menjadi saksi bisu dari karamah Sunan Kalijaga . Dusun ini tidaklah besar, namun kesejukan hati warganya tak pernah tergantikan oleh kemiskinan yang melanda.

Ketika Sunan Kalijaga datang ke dusun itu, senyumnya yang hangat menjadi sumber kebahagiaan bagi penduduk setempat. Namun, kebahagiaan itu berbanding terbalik dengan kepala dusun yang kikir dan angkuh.

Suatu hari, ketika matahari sedang bersinar terang, seorang miskin datang ke rumah kepala dusun. Dia adalah seorang ayah yang memohon bantuan untuk memberi makan anaknya yang kelaparan. Namun, tanpa belas kasihan, kepala dusun menolaknya dengan kebohongan, mengatakan bahwa semua beras di rumahnya telah berubah menjadi pasir.

Mendengar kebohongan tersebut, Sunan Kalijaga merasa terpukul. Dia tahu bahwa tindakan kepala dusun itu adalah cerminan dari ketidakadilan yang telah mengakar di dusun tersebut. Tanpa ragu, Sunan Kalijaga memutuskan untuk memohon kepada Allah untuk mengubah semua beras di rumah kepala dusun menjadi pasir.



Doa Sunan Kalijaga pun tidak berbuah sia-sia. Seketika itu juga, karung-karung beras di rumah kepala dusun berubah menjadi pasir. Kepala dusun yang kikir pun terkejut dan panik, menyadari kebohongannya terbongkar. Ia pun segera meminta tolong kepada Sunan Kalijaga, memohon agar berasnya dikembalikan.

Dengan bijaksana, Sunan Kalijaga menegur kepala dusun yang kikir tersebut. Namun, ketika kepala dusun mengaku bahwa dia hanya berbohong kepada orang miskin untuk menyembunyikan berasnya, Sunan Kalijaga mengajaknya untuk bertaubat dan membagikan berasnya kepada penduduk dusun.

Kepala dusun pun menyesali perbuatannya dan berjanji untuk mengubah perilakunya. Sunan Kalijaga berdoa kepada Allah, memohon agar pasir itu dikembalikan menjadi beras. Dan atas izin Allah, karung-karung pasir itu pun kembali menjadi beras.

Dari peristiwa itu, kepala dusun belajar akan pentingnya kejujuran dan kedermawanan. Ia meminta maaf kepada Sunan Kalijaga dan bersumpah untuk menjadi pemimpin yang adil dan bijaksana bagi penduduk dusunnya.

Dusun tersebut kemudian menjadi contoh bagi dusun-dusun lainnya, di mana keadilan, kejujuran, dan kedermawanan menjadi pondasi utama dalam kehidupan bermasyarakat. Dan karamah Sunan Kalijaga menjadi cermin bagi setiap individu akan pentingnya hidup dalam kebenaran dan kasih sayang kepada sesama.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0991 seconds (0.1#10.140)