alexametrics

BNPB Kerahkan Helikopter Kamov Padamkan Kebakaran Gunung Sumbing

loading...
BNPB Kerahkan Helikopter Kamov Padamkan Kebakaran Gunung Sumbing
Helikopter Kamov PK-HVK milik BNPB mendarat di Lapangan Desa Kledung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Minggu (16/9/2018) siang. FOTO/IST
A+ A-
TEMANGGUNG - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengerahkan helikopter Kamov PK-HVK untuk memadamkan kebakaran Gunung Sumbing di wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Helikopter tersebut tiba di Lapangan Desa Kledung, Kecamatan Kledung, Temanggung, Minggu (16/9/2018) siang.

Sebelumnya, BNPB telah mengerahkan helikopter seri Bolco. Bantaun helikopter water bombing ini dikerahkan karena pemadaman kebarakan Gunung Sumbing terkendala medan yang sulit dijangkau oleh personel yang bertugas melakukan pemadaman.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung Gito Wangaldi mengatakan, helikopter Kamov PK-HVK milik BNPB didatangkan untuk membantu pemadaman kebakaran hutan Gunung Sumbing melalui udara. Helikopter tersebut akan melakukan water bombing, Senin (17/8/2018) pagi.

"Sekarang helikopter Kamov sudah terbang menuju pangkalan udara utama TNI AD Ahmad Yani Semarang untuk melakukan persiapan. Besok pagi, baru melakukan pemadaman melalui udara," kata Gito kepada SINDOnews saat dihubungi melalui telepon selulernya, Minggu (16/9/2018).  

Dia menjelaskan, hingga sore ini masih ada lima titik api yang belum padam. Berdasarkan data yang tercatat BPBD, luas hutan Gunung Sumbing di wilayah Kabupaten Temanggung yang terbakar mencapai 490,9 hektare. Namun, luas hutan yang terbakar diperkirakan bertambah. "Itu data yang kami catat tadi pagi. Nanti sore kita update lagi," katanya.

BNPB Kerahkan Helikopter Kamov Padamkan Kebakaran Gunung Sumbing
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak