3 Kesaktian Hayam Wuruk, Raja Majapahit yang Mampu Batalkan Kutukan

Jum'at, 08 Maret 2024 - 15:14 WIB
loading...
3 Kesaktian Hayam Wuruk, Raja Majapahit yang Mampu Batalkan Kutukan
Raja Kerajaan Majapahit Prabu Hayam Wuruk Versi AI Nusantara. Foto/Istimewa/AI Nusantara
A A A
Terdapat sejumlah kesaktian Raja Hayam Wuruk yang tertulis dalam sebuah sastra bertajuk Desawarna karya Mpu Prapanca. Hayam Wuruk merupakan Raja Majapahit yang mampu membawa kerajaannya berjaya sepanjang tahun 1350 hingga 1389 M.

Kesuksesan Raja Hayam Wuruk yang mampu membuat Majapahit sebagai kerajaan terbesar di nusantara ini membuat sosoknya diagungkan, dan tidak sedikit orang yang menganggap jika Hayam Wuruk memiliki keistimewaannya tersendiri.



Dalam sebuah karya sastra yang dibuat Mpu Prapanca terdapat lima keistimewaan yang dimiliki oleh Raja Hayam Wuruk. Dari lima keistimewaan itu tiga diantaranya tergolong sebagai kesaktian yang dimilikinya.

3 Kesaktian Raja Hayam Wuruk

1. Kesaktian dalam Memerintah Rakyatnya


Raja Hayam Wuruk secara khusus disandingkan dengan sosok "Rajasanagara" atau sosok dewa dalam karya sastra yang dibuat oleh Mpu Prapanca.

Hal ini berkaitan dengan kemampuannya yang mampu dengan mudahnya mengatur rakyatnya sendiri supaya mau mengikuti perintahnya.

Faktanya pada masa pemerintahan Hayam Wuruk sangat jarang terjadi pemberontakan. Bahkan kebanyakan kerajaan yang diambil alih kekuasaannya oleh Majapahit memilih untuk menyerah dan pasrah.

2. Memiliki Jiwa yang Suci dan Mampu Mensucikan Makhluk Hidup


Hayam Wuruk juga dipandang sebagai perpanjangan tangan dewa, yang dianggap memiliki jiwa dan tubuh wadak yang suci. Dalam Kakawin Desawarnana pupuh 51, Mpu Prapanca menguraikan bahwa Rajasanagara berkuasa atas makhluk hidup.

Makhluk yang telah beliau bunuh akan menjadi tersucikan sehingga lebih mulia dibanding bunuh diri. Bila bereinkarnasi pun, reinkarnasinya tidak akan menjadi binatang.

3. Mampu Membatalkan Kutukan


Dalam pupuh 68/5, Mpu Prapanca menyebut kepandaian Prabu Hayam Wuruk menyatukan Jawa lagi.

Dalam catatan Prapanca sebelumnya dua kerajaan putra Airlangga ini seolah-olah terpisah oleh samudra luas karena perbuatan gaib yang dilakukan oleh pendeta Barada.

Namun, Prabu Hayam Wuruk berhasil membatalkan kutukan pendeta Barada dengan cara mendirikan candi di Kamal Pandak sebagai simbol penyatuan oleh Majapahit.

Itulah beberapa kesaktian Raja Hayam Wuruk. Selain tiga memiliki tiga kesaktian, Raja Majapahit ini juga memiliki beberapa keistimewaan lain, seperti dianggap sebagai sosok yang dermawan dan memiliki kepedulian tinggi.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8202 seconds (0.1#10.140)