alexametrics

Kronologi Jatuhnya Pesawat Milik Vokalis Endank Soekamti

loading...
Kronologi Jatuhnya Pesawat Milik Vokalis Endank Soekamti
Pesawat ringan Ultralight seri PK S160 jatuh di pohon di Desa Dusun Gading 1, Desa Gading, Kecamatan Playen, Gunungkidul, DIY karena mengalami kerusakan mesin, Selasa (4/9/2018) sore. FOTO/SINDOnews/SUHARJONO
A+ A-
YOGYAKARTA - Pesawat ringan jenis Ultralight dengan seri PK S160 jatuh di pekarangan warga di Dusun Gading1, Desa Gading, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (4/9/2018) sore. Pesawat yang ditumpangi pilot dan co pilot tersebut nyangkut di atas pohon.

Berdasarkan data yang diperoleh, pesawat ringan ini di bawah kendali pilot Faslan Havisha dan co pilot Erik Kristianto. Erik yang dikenal sebagai vokalis band Endank Soekamti merupakan pemilik pesawat nahas tersebut. Keduanya merupakan anggota Jogja Flying Club (JFC). (Baca juga: Mesin Rusak, Pesawat Ringan Jatuh Nyangkut di Pohon)



Berikut ini kronologi kecelakaan pesawat ringan jenis Ultralight seri PK S160 menurut JFC.

1.Anggota JFC Faslan Havisha (Alan) dan Erik Kristianto (Erik) akan melakukan rutin penerbagan dari home base FASI di lanud Adisutjipto Yogyakarta, Selasa (4/9/2018).

2. Sebelum latihan, pukul 15.00 WIB sesuai prosedur, terlebih dahulu melakukan pengecekan, baik kondisi pesawat, awak dan cuaca. Hasilnya kondisi layak terbang.

3. Setelah semua normal, kemudian melakukan star engine dan memulai latihan lokasi di area selatan Gading, Playen, Gunungkidul.

4. Di ketinggian 5.000 feet terjadi engine feels (kerusakan mesin), karena dekat dengan landasan Gading, diputuskan tidak kembali ke home base di Lanud Adisutjipto, tetapi ke Gading.

5. Pukul 16.00 WIB diputuskan mendarat, namun undersuit sehingga tidak bisa masuk ke landasan. Sesuai prosedur, jika tidak sampai landasan pilot harus mencari tempat yang aman, baik awak maupun yang ada di bawahnya.

6. Pesawat menyangkut di pohon dan rusak, namun pilot dan co pilot selamat. (Baca juga: Ternyata Pesawat yang Jatuh di Pohon Milik Vokalis Endank Soekamti)
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak