Pesawat MAF Jatuh di Danau Sentani Papua, Pilot Warga Amerika Tewas

Selasa, 12 Mei 2020 - 09:14 WIB
loading...
Pesawat MAF Jatuh di Danau Sentani Papua, Pilot Warga Amerika Tewas
Pesawat cargo Codiac 100 milik maskapai MAF jatuh di perairan Danau Sentani, Jayapura, Papua. Pilot Kapten Joyce Lin, warga Amerika Serikat ditemukan tewas. Foto/iNews TV/Edi Siswanto
A A A
JAYAPURA - Pesawat cargo jenis Codiac 100 milik maskapai MAF bernomor seri PK-MEC mengalami jatuh usai gagal take off di Bandara Sentani, Jayapura, Papua pada pukul 06.26 WIT. Pesawat yang dipiloti Kapten Joyce Lin, warga Amerika Serikat ini rencananya melakukan penerbangan dari menuju Bandara Mamit, Tolikara.

"Kami dapat informasi dari Lanud Silas Papare, bahwa pesawat telah jatuh di Danau Sentani pukul 6.27 WIT, sekitar tiga menit setelah take off dari Bandara Sentani. Anggota Basarnas sekarang mempersiapkan peralatan pencarian di sekitar Danau Sentani," kata Kakansar Jayapura, Zainul Thahar, Selasa (12/5/2020). (Baca juga:BMKG Cek Suara Dentuman di Jateng yang Hebohkan Jagat Maya)

Dia menjelasakan, saat ini warga masyarakat setempat menggunakan kapal kayu dan tim Basarnas sudah di TKP untuk mengevakuasi korban. "Banyak warga di sini. Kita akan berupaya untuk evakuasi, rencananya akan menyelam," kata Yadi. (Baca juga: AS Tarik Rudal Patriot, Arab Saudi Siap Kerahkan Sistem Rudalnya Sendiri)

Pukul 08.30 WIT, upaya pencarian korban berhasil. Kapten Joyce Lin dievakuasi dalam keadaan meninggal dunia dan langsung dibawa ke RS Bhayangkara. Perwakilan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Papua, Noberth Tunyanan mengatakan korban pilot berkebangsaan Amerika itu ditemukan meninggal dunia. "Tadi sudah ada tim yang melakukan penyelaman ke dasar danau di lokasi kejadian. Pilot ditemukan meninggal dunia." ungkapnya.

Menurut Noberth data yang diterima dari pihak MAF menyebutkan dalam penerbangan itu hanya pilot tersebut. Tidak ada penumpang lain. Dimana pesawat itu mengakut Cargo dengan tujuan Mamit (Kabupaten Tolikara) "Di dalam pesawat tersebut hanya pilot sendiri, karena pesawat itu mengakut cargo," jelas Noberth.

Menurut Noberth pihaknya akan segera melakukan penyelidikan terkait jatuhnya pesawat milik MAF yang selama ini melayani rute penerbangan menuju pedalaman di provinsi Papua.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.2066 seconds (0.1#10.140)