alexametrics

Kodam Kerahkan 2 Satuan Raider Bantu Polri Buru Penembak Patroli Polisi

loading...
Kodam Kerahkan 2 Satuan Raider Bantu Polri Buru Penembak Patroli Polisi
Kodam XVII/Cenderawasih mengerahkan dua satuan berkualifikasi Raider untuk membantu Polri mengejar pelaku bersenjata yang menembaki rombongan mobil Patroli Polres Puncak Jaya. Foto Kapendam Kol Inf M Aidi/Dok SINDOnews
A+ A-
JAYAPURA - Kodam XVII/Cenderawasih mengerahkan dua satuan berkualifikasi Raider untuk membantu Polri mengejar pelaku bersenjata yang menembaki rombongan mobil Patroli Polres Puncak Jaya. Kedua satuan itu merupakan pasukan dari Batalyon Infanteri Raider 751/Vira Jaya Sakti dan Batalyon Infanteri Raider Khusus 753/Arga Vira Tama.

"TNI tetap memback up Polri. Tapi tidak ada penambahan personel. Pasukan TNI yang bergerak tetap yang ada di Pos Pengamanan. Di Puncak Jaya Ada Kodim dan Satuan Pengamanan Daerah Rawan (Pam Rawan) dari Yonif 751 dan 753," kata Kapendam XVII/Cenderawasih Kol Inf M Aidi Nubic, kepada SINDOnews, Rabu (8/8/2018).

Menurut dia Yonif 751 dan 753 adalah satuan berkualifikasi Raider di bawah Komando Kodam XVII/Cenderawasih. Pasukan ini memiliki kemampuan  Infiltrasi, eksfiltrasi, Mobil Udara, Raid Rawa Laut Sungai dan Pantai, Raid Pembebasan Tawanan dan Raid Penghancuran.

Sebelumnya Polda Papua melalui Kabid Humas Kombes Pol Achmad Mustofa Kamal menjelaskan, Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) atau Tentara OPM wilayah Kabupaten Puncak Jaya, memberondong rombongan patroli anggota Polres Puncak Jaya, Selasa 7 Agustus 2018, pukul 12.30 WIT.



Kombes Pol Achmad Mustofa Kamal menjelaskan, Lokasi penembakan terjadi di Puncak Senyum, Distrik Irimuli, Kabupaten Puncak Jaya. Dimana terjadi dua kali penghadangan dan penembakan terhadap mobil Patroli Polres Puncak Jaya. (Baca: Tentara OPM Berondong Patroli Polres Puncak Jaya, 2 Mobil Terkena Tembakan)

Atas kejadian tersebut, Satgas Polda Papua BKO Polres Puncak Jaya bertolak menuju TKP penembakan di Puncak Senyum untuk memback up para personel Polres Puncak Jaya yang ditembaki dan akhirnya para personel Polres Puncak Jaya melanjutkan perjalanan menuju Distrik Illu. Namun dalam perjalanan tersebut, tidak jauh dari lokasi pertama, mobil milik Polres Puncak Jaya kembali ditembaki oleh KKSB di seputaran Puncak Senyum Distrik Irimuli.

Dalam kejadian ini, menurut Kamal, tidak ada korban jiwa namun mobil patroli milik Polres Puncak Jaya terkena tembakan.

“Yaitu mobil pertama mengenai ban depan sebelah kiri serta bemper depan sebelah kiri dan mobil kedua mengenai ban depan sebelah kiri dan bak penutup belakang mobil,” jelasnya.

Para pelaku menurut Kamal, Diperkirakan pelaku KKSB berasal dari Kelompok OPM Pilia (Lanny Jaya).

"Kita langsung berkoordinasi dengan pihak TNI untuk melakukan pengejaran terhadap kelompok tersebut dan situasi sementara Kabupaten Puncak Jaya masih aman dan kondusif," tandasnya.
 
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak