3 RS di Malang Ini Siap Tampung Caleg Alami Gangguan Kejiwaan Usai Pemilu 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 12:24 WIB
loading...
3 RS di Malang Ini Siap Tampung Caleg Alami Gangguan Kejiwaan Usai Pemilu 2024
Tiga rumah sakit di Kota Malang disiapkan untuk melayani para calon legislatif (Caleg) gagal yang mengalami gangguan mental pasca perhitungan suara Pemilu 2024. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
MALANG - Tiga rumah sakit di Kota Malang disiapkan untuk melayani para calon legislatif (Caleg) gagal yang mengalami gangguan mental. Rumah sakit ini telah disiapkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang pasca perhitungan suara Pemilu 2024.

"Kami menyiapkan 3 RS yang bisa memberikan layanan kesehatan mental, RS Saiful Anwar (RSSA), RS dr Soepraoen, kemudian ada kalau enggak RS Lavalette ya RS Panti Nirmala," kata Kepala Dinkes Kota Malang, dr Husnul Muarif, saat dikonfirmasi pada Rabu (21/2/2024).



Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Radjiman Wediodiningrat Lawang. Namun, apabila caleg mengalami gangguan mental akan diidentifikasi terlebih dahulu oleh dokter terhadap penanganan yang pas untuk dilakukan.

"Kita lihat dulu identifikasi apakah dia masuk ke dalam gangguan mental dalam arti ini bisa gangguan jiwa atau mungkin hanya depresi. Itu layanan itu akan ada dokter expert terutama satu dokter ahli kesehatan jiwa dan psikolog. Dua expert ini yang akan menentukan diagnosanya apa yang perlu ditindaklanjuti," katanya.

Selain tiga rumah sakit yang disiapkan tersebut, ada 26 rumah sakit yang telah bekerjasama untuk rujukan pelaksanaan Pemilu 2024, bagi caleg yang mengalami gangguan mental.

"Rujukan ini baik dalam rujukan kondisi mungkin seperti trauma, jatuh atau kondisi lainnnya atau nanti pasca pemilunya," katanya.



Sejauh ini belum ada informasi mengenai keterisian atau para caleg yang mengalami gangguan mental. Tapi pihaknya masih tetap menyiapkan bilamana hingga proses rekapitulasi suara selesai ada caleg yang mengalami gangguan mental.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)