RSJ Naimata Kota Kupang Siap Tangani Caleg Stres

Selasa, 20 Februari 2024 - 18:21 WIB
loading...
RSJ Naimata Kota Kupang Siap Tangani Caleg Stres
Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Naimata, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), siap menangani caleg yang stres akibat gagal pada Pemilu 2024. Foto/Istimewa
A A A
KUPANG - Manajemen Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Naimata, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), siap menangani caleg yang stres akibat gagal pada Pemilu 2024.

Direktur RSJ Naimata dr Aletha Pian mengatakan, pihaknya siap menerima pasien gangguan jiwa, termasuk bila ada caleg stres yang membutuhkan terapi mental.

"Kalau ada caleg gagal yang butuh terapi, tentu kami terima," ungkap dr Aletha, Selasa (20/2/2024).



Dokter Aletha menyampaikan hal ini mengantisipasi potensi lonjakan pasien sakit jiwa menyusul banyaknya caleg yang tidak terpilih pada Pemilu 2024.

Namun, dirinya berharap agar fenomena caleg stres pasca Pemilu 2024 tidak ada seperti yang dibayangkan. “Kalau untuk caleg memang belum ada dan kita berharap tidak ada ya,” ujarnya.

Sejauh ini, daya tampung RSJ Naimata masih sangat cukup. Ada 50 unit tempat tidur yang tersedia, dan baru 25 unit yang terpakai. Itu diisi oleh kalangan masyarakat biasa.

Dia mengatakan, caleg gagal dengan tingkat kondisi stres yang memang butuh dirawat akan dirawat menggunakan fasilitas yang ada, sebagaimana pasien dengan gangguan mental lainnya.



"Tidak ada pelayanan khusus kepada caleg stres. Semuanya sama sebab RSJ ini kan disiapkan untuk mereka yang memiliki gangguan mental," beber dr Aletha.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa terbatasnya volume ruangan yang hanya bisa menampung 50 tempat tidur membuat pihaknya belum bisa menerima pasien rawat inap lebih dari kapasitas.

"Tetapi di beberapa RS di Kota Kupang ini kan ada spesialis jiwa juga, nanti kalau penuh tentu dipindahkan ke RS tersebut," ujarnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)