Seleksi Direksi PDAM Tirtalihou Diminta Bebas dari Kolusi

Kamis, 26 Juli 2018 - 11:31 WIB
Seleksi Direksi PDAM Tirtalihou Diminta Bebas dari Kolusi
Seleksi Direksi PDAM Tirtalihou Diminta Bebas dari Kolusi
A A A
SIMALUNGUN - DPRD Kabupaten Simalungun meminta seleksi direksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtalihou yang dijadwalkan 28 Juli hinggga 2 Agustus mendatang bebas dari kolusi.

“Isu miring sudah beredar ada orang dekat pejabat penting Pemkab Simalungun yang akan didudukkan sebagai direktur PDAM Tirtalihou. Karena itu diharapkan seleksinya bebas dari kolusi. Orang yang terpilih harus profesional,” sebut Wakil Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani, Kamis (26/7/2018).

Panitia seleksi diharapkan tidak mengabaikan syarat penting calon direksi yang ditentukan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 Tahun 2007 tentang Organ dan Kepegawaian Perusahaan Daerah Air Minum.

Syarat penting tersebut di antaranya, berpengalaman 15 tahun mengelola perusahaan yang bukan berasal dari PDAM, yang dibuktikan dengan surat pengangkatan dan surat keterangan (referensi) dari perusahaan sebelumnya dengan penilaian baik.

Kemudian harus lulus pelatihan manajemen air minum di dalam atau dari luar negeri yang terakreditasi. Dibuktikan dengan ijazah atau sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga penyelenggara.

“Sebaiknya yang tidak memenuhi persyaratan tersebut tidak dipilih sebagai direksi. Karena DPRD Simalungun berkeinginan PDAM Tirtalihou ke depan bisa menjadi perusahaan daerah yang sehat dan mampu memberikan pelayanan baik kepada masyarakat Kabupaten Simalungun,” ujar Timbul.

Ketua panitia seleksi direksi PDAM Tirtalihou, Ruslan Sitepu mengatakan, seleksi calon direksi akan diikuti enam orang yang berasal dari berbagai kalangan. Ruslan mengatakan, salah seorang calon yang mendaftar adalah Betty R Sinaga yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPRD Simalungun dari Partai Demokrat.

Betty sudah mengundurkan diri dari anggota partai dan DPRD Simalungun sehingga memang tidak ada masalah mengikuti seleksi direksi PDAM Tirtalihou. Betty R Sinaga juga membenarkan dirinya sudah mengundurkan diri sebagai kader partai Demokrat dan anggota DPRD Simalungun.

“Saya sudah mengundurkan diri dari anggota DPRD Simalungun dan partai. Saya memang mendaftar dalam seleksi direksi PDAM Tirtalihou,” kata Betty.

Dia juga mengaku sudah memenuhi syarat penting untuk mengikuti seleksi direksi PDAM Tirtalihou yaitu lulus pelatihan manajemen air minum di dalam atau dari luar negeri yang terakreditasi. Namun, Betty tidak memberikan jawaban saat ditanya tahun berapa lulus.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4244 seconds (0.1#10.140)