Kisah Kaisar Mongol Kubilai Khan Murka Kepung Singasari dengan Ratusan Kapal Perang

Kamis, 15 Februari 2024 - 08:03 WIB
loading...
Kisah Kaisar Mongol Kubilai Khan Murka Kepung Singasari dengan Ratusan Kapal Perang
Kekaisaran Mongol marah besar dan mengepung Kerajaan Singasari dengan ratusan kapal perang dan pasukan elit berkuda. Foto/Istimewa
A A A
Kekaisaran Mongol marah besar usai mengetahui utusan mereka yang dikirim ke Kerajaan Singasari dilecehkan. Hal itu dipicu lantaran Mengki diperlakukan tidak hormat dan dipotong telingannya oleh Raja Kertanagara.

Peristiwa ini berlangsung pada 1289 Masehi itu menyebabkan Kaisar Kubilai Khan yang berkuasa di Mongol marah dan memutuskan mengirimkan pasukan besar-besaran ke Pulau Jawa.

Armada perang yang terdiri ratusan ribu pasukan diangkut kapal perang dikerahkan. Kubilai Khan mulai mempersiapkan tentaranya untuk melakukan hukuman atas penghinaan yang dilakukan oleh Raja Singasari Kertanegara.



Armada pasukan perang Mongol dikumpulkan dari 3 daerah di China, yakni Fukien, Kiang-Si, dan Hukuang.

Diperkirakan jumlah pasukan ini sebesar lebih dari 200.000 pasukan dengan pasukan inti yang terdiri dari pasukan berkuda terlatih sebanyak 50.000 orang.

Mereka berasal dari kesatuan berkuda di Ching-Yuan dekat Ning Po atau daerah selatan Shanghai, yang berada langsung di bawah pimpinan Shih Pi, sebagaimana dikutip dari "Arya Wiraraja dan Lamajang Tigang Juru: Menafsir Ulang Sejarah Majapahit Timur".

Pasukan perang berkuda Mongol merupakan pasukan gerak cepat dan terlatih dalam berbagai medan pertempuran, baik di Asia barat maupun Eropa. Secara keseluruhan pasukan besar ini dipimpin Shih Pi dengan pembantunya, yaitu Ike Mese dan Kau Hsing.

Shih Pi adalah panglima yang merupakan orang Mongol asli. Sedangkan Kau Hsing merupakan orang Cina. Pasukan besar ini kemudian dikumpulkan di pelabuhan Chuan-chau sebagai pusat pemberangkatan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)