Kehebatan Kertanagara Tumpas Pemberontakan di Awal Menjabat Raja Singasari

Rabu, 14 Februari 2024 - 08:01 WIB
loading...
Kehebatan Kertanagara Tumpas Pemberontakan di Awal Menjabat Raja Singasari
Kertanagara membawa Kerajaan Singasari ke masa kejayaan. Di masa kekuasaan Kertanagara inilah wilayah kekuasaan Singasari meluas hingga ke luar Pulau Jawa. Foto/Ilustrasi
A A A
KEDIRI - Kertanagara membawa Kerajaan Singasari ke masa kejayaan. Di masa kekuasaan Kertanagara inilah wilayah kekuasaan Singasari meluas hingga ke luar Pulau Jawa.

Kejayaan itu diiringi dengan keberhasilan Kertanagara menumpas pemberontakan yang sempat terjadi di awal-awal dia berkuasa.

Di masa Kertanagara pulalah, wilayah Kediri yang dahulu merupakan kerajaan merdeka sendiri membawahi Tumapel atau Singasari diberikan kebebasan dari pungutan. Hal ini tercantum dalam sebuah prasasti yang dikeluarkan oleh Kertanagara pada 1269 M.



Prasasti tersebut konon dikeluarkan oleh Kertanagara tanpa menyebutmakamangalyaperintah ayahnya. Prasasti ini ialah prasastiSarwwadharmmayang ditemukan di Penampihan, di lereng Gunung Wilis, Kediri.

PrasastiSarwwadharmmamemberikan keterangan, bahwa rakyat daerahSarwwadharmma, dengan perantaraan Sang Ramapati bersamaRakryan Apatih dan Sang Dharmmadhyakşa ri Kasaiwan Sang Apanji Tanutama.

Hal itu sebagaimana dikutip dari “Sejarah Nasional Indonesia II: Zaman Kuno”, telah menghadap raja memohon agar daerah mereka dilepaskan dari wilayahThānibalamenjadi suatu daerah swatantra.

Menurut keterangan mereka, dahulu semasa pemerintahan ayahanda raja (Wisnuwarddhana) daerah Sarwwadharmma, telah ditetapkan menjadi daerah swatantra lepas dari wilayahThanibala, yaitu ketika Pañji Pati-pati menjabatdharmmadikarana.



Permohonan itu dikabulkan raja dan selanjutnya daerahpunpunan Sang Hyang Sarwwadharmmatak lagi diwajibkan membayar pungutan. Raja Kertanagara adalah seorang raja Singhasāri yang sangat terkenal, baik dalam bidang politik maupun keagamaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)