Tambah Instruktur, Senam Pernafasan Mantan Pasien COVID-19 Diperluas

loading...
Tambah Instruktur, Senam Pernafasan Mantan Pasien COVID-19 Diperluas
Para mantan pasien COVID-19 terus dilatih senam pernafasan untuk menjaga imunitasnya.
SURABAYA - Mantan pasien COVID-19 yang sudah sembuh tetap mendapatkan pemantauan rutin. Mereka diarahkan untuk ikut senam pernafasan untuk tetap menjaga imunitasnya.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya mengajak Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) rutin menggelar senam pernapasan. Bahkan, untuk memasifkan kegiatan ini, PDPI melatih 10 calon instruktur senam dari puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita menuturkan, senam pernapasan yang digelar setiap Sabtu di Taman Harmoni dan Taman PUPR, Jalan Keputih Kecamatan Sukolilo itu, diperuntukkan kepada warga yang sudah sembuh dari COVID-19.

(Baca juga:Menggembirakan, Penanganan Kasus COVID-19 di Jaitm Terus Membaik)



“Untuk saat ini kami menggelarnya di dua taman tersebut. Masing-masing taman kapasitasnya 75 orang. Jadi totalnya 150 orang,” kata Feny ketika ditemui di Dapur Umum, Balai Kota Surabaya, Kamis (13/8/2020).

Ia melanjutkan, agar pelaksanaan senam pernapasan di Surabaya ini bisa berjalan masif, PDPI juga bakal melatih 10 calon instruktur senam dari perwakilan Puskesmas dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surabaya. Keputusan ini penting dilakukan supaya senam pernapasan dapat digelar di berbagai titik wilayah Surabaya.

“Kalau untuk puskesmas itu sebenarnya kami punya yang namanya PJ (penanggung jawab) olahraga. Mereka yang secara khusus dilatih. Dari situ PJ olahraga dapat menularkan atau mengajarkan kepada puskesmas lainnya," jelasnya.



(Baca juga:2 Minggu Kasus Melonjak, Blitar Zona Merah COVID-19)
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top