Menteri ESDM: Tidak Ada Perluasan Bahaya Radius Gunung Agung

Jum'at, 06 Juli 2018 - 02:00 WIB
Menteri ESDM: Tidak Ada Perluasan Bahaya Radius Gunung Agung
Menteri ESDM: Tidak Ada Perluasan Bahaya Radius Gunung Agung
A A A
KARANGASEM - Menteri Energi Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan meminta pemerintah daerah dan pihak terkait mensosialisasikan kondisi Gunung Agung saat ini.

"Kami ini sudah diskusi bersama pemerintah dan Dandim bahwa ada sosialisasi bersama terkait kondisi Gunung Agung. Kita akan sosialisasi dan dijelaskan potensinya apa. Sebenarnya sudah disosialisaikan tapi ini untuk diperbanyak," katanya di Karangasem, Kamis (5/7/2018).

Dia menerangkan, pada dasarnya ini lebih banyak kekhawatiran dan ketakutan. “Kalau kekhawatiran akan dijelaskan potensinya apa saja supaya bisa dipahami,” jelasnya.

Pihaknya menegaskan, pemerintah, satgas BNPB dan tim vulkanologi diminta untuk menjelaskan kepada masyarakat supaya penjelasan itu proposional tentang kondisi Gunung Agung.

"Sampai saat ini tidak ada perluasan radius. Gunungnya cuma bisa dipelajari pergerakan arahnya kemana. Dilihat akan ada erupsi terus menerus tapi kecil-kecil," paparnya.

Jumlah pengungsi Gunung Agung saat ini mencapai 4.855 orang yang tersebar di wilayah Karangasem dan Gianyar.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang rumahnya di luar radius bahaya 4 Km dari puncak Gunung Agung bisa kembali ke rumah dan tidak mengungsi.

"Kami mengimbau masyarakat di luar radius bisa kembali. Mungkin terdengar suara gemuruh," pungkasnya. (Baca Juga: Gunung Agung Erupsi, Semburkan Abu Setinggi 2.800 Meter)
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0170 seconds (0.1#10.140)