Gelar Rekrutmen 100 Caddy, Disnakertrans KBB Prioritaskan Warga Lokal

loading...
Gelar Rekrutmen 100 Caddy, Disnakertrans KBB Prioritaskan Warga Lokal
Disnakertrans KBB menggelar rekrutmen caddy warga lokal untuk memenuhi kebutuhan pegawai di Parahyangan Golf. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
BANDUNG BARAT - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menggelar rekrutmen caddy atau pramugolf untuk memenuhi kebutuhan pegawai di Parahyangan Golf di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, KBB, Jawa Barat.

"Total caddy yang dibutuhkan 100 orang. Ini peluang bagi warga lokal karena mereka prioritas untuk bekerja," kata Kepala Disnakertrans KBB Iing Solihin didampingi Kabid Pelayanan, Pelatihan, Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi (P3TKT) Ati Indrawati, Rabu (12/8/2020). (BACA JUGA:Lagi, 8.652 Orang Meninggal Masuk Daftar Pemilih Pilkada Kabupaten Bandung)

Iing mengemukakan, dibukanya peluang pekerjaan ini menjadi bukti nyata adanya sinergitas antara perusahaan atau lembaga swasta di KBB dengan Disnakertrans. Ini tentunya dapat membantu program pemerintah dalam mengurangi pengangguran dan penyerapan tenaga kerja usia produktif. (BACA JUGA:Jika Uji Klinis Vaksin Sinovac Gagal, Ini Langkah Bio Farma)

Pihaknya menyambut baik sinergitas ini dengan penyiapan SDM dan tenaga kerja siap pakai sesuai kebutuhan di lapangan. Apalagi banyak perusahaan dalam negeri ataupun asing di KBB yang memerlukan tenaga kerja banyak. Ini menjadi tantangan besar sehingga jangan sampai tidak dimanfaatkan oleh warga lokal KBB.



"Perusahaan di KBB setiap ada rekrutmen selalu memprioritaskan warga lokal. Makanya SDM lokal harus siap dam RPJMD juga harus mendukung ke sana," ujar dia. (BACA JUGA:Cegah Kelompok Intoleran, Jabar Kampanyekan Gerakan Kebinekaan)

Kabid P3TKT Ati Indrawati menuturkan, bagi warga KBB yang berminat untuk lowongan caddy bisa datang ke kantor Disnakertrans. Proses seleksi awal persyaratan dan wawancara dilakukan di dinas untuk kemudian menyerahkan hasilnya ke pihak perusahaan.

"Yang datang sudah ada sekitar 10 orang, 7 di antaranya dinyatakan masuk siap menjalani proses traning," tutur Eti kepada SINDOnews.



Pada kesempatan sama, Manager Operasional Parahyangan Golf Bandung, Dais menyebutkan, persyaratan yang diminta adalah wanita usia 18-24 tahun, tinggi minimal 157 cm, berijazah SMK/SMA, tidak berkacamata, dan mengikuti seleksi di Disnakertrans. Pihaknya sengaja menjalin kerja sama dengan Disnakertrans KBB untuk memberi kesempatan warga lokal.

"Kami memang mencari tenaga kerja lokal. Sistemnya kontrak kemitraan dengan jam kerja 4-5 jam/hari dan sehari bisa dapat Rp250.000 dengan tips," ungkap dia.
(awd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top