Belasan Rumah di Gunungkidul Rusak Dihantam Tanah Longsor

Kamis, 01 Februari 2024 - 11:57 WIB
loading...
Belasan Rumah di Gunungkidul Rusak Dihantam Tanah Longsor
Hujan deras disertai angin kencang melanda kawasan Kabupaten Gunungkidul. Foto/BNPB
A A A
GUNUNGKIDUL - Hujan deras disertai angin kencang melanda kawasan Kabupaten Gunungkidul, Rabu (31/1). Belasan rumah rusak di 5 Kecamatan dihantam material longsor. Paling parah di Gedangsari karena ada 1 dari 6 rumah yang roboh tertimpa tanah longsor.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kendati demikian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul meminta warganya untuk terus meningkatkan kewaspadaannya mengingat musim hujan masih berlangsung.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Purwono menyebut 25 titik longsor di wilayahnya terdampak hujan deras dan angin kencang. Tidak ada korban jiwa, namun ada satu warga yang terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena tertimpa longsoran.



Purwono menyebut 25 titik longsor dengan obyek terdampak yang berbeda. Setidaknya ada 16 rumah yang terkena longsoran dan 1 diantaranya roboh rata dengan tanah. Saat ini pihaknya bwrsama relawan berusaha membersihkan material longsoran.

”16 titik rumah terdampak longsor. Lainnya itu 6 titik jalan, 1 talud dan 1 masjid,” ujarnya.

16 rumah yang mengalami kerusakan terdampak longsor di antaranya ada di kapanewon Patuk, Gedangsari, Nglipar, Karangmojo dan Ponjong.

Paling banyak rumah terdampak ada di Kapanewon Gedamgsari karena ada 6 titik, kemudian Nglipar 5 titik, Patuk ada 4 titik sementara Karangmojo dan Ponjong masing-masing 1 titik.

Kapolsek Gedangsari AKP Suryanto ketika dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut Rumah yang roboh adalah rumah milik Temon, warga Dusun Jetis 01/05 Kalurahan Hargomulyo Kapanewon Gedangsari.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3208 seconds (0.1#10.140)