Ridwan Kamil Kampanye Door to Door di Bogor, Warga Sumringah

Minggu, 27 Mei 2018 - 23:49 WIB
Ridwan Kamil Kampanye Door to Door di Bogor, Warga Sumringah
Ridwan Kamil Kampanye Door to Door di Bogor, Warga Sumringah
A A A
BOGOR - Tak seperti biasanya, kampanye Kandidat Gubernur Jabar 1 Ridwan Kamil berbeda dari sebelumnya. H-30 menuju hari pencoblosan, Wali Kota Bandung non aktif ini kampanye door to door ke rumah-rumah warga di kawasan padat penduduk di Kp Kaum, Kelurahan Karang Asem Barat, Citeureup, Kabupaten Bogor, Minggu, (27/5/2018).

Didatangi Ridwan Kamil, warga pun kaget, karena tak mengira rumahnya bakal dikunjungi Kang Emil sapaan akrab pria berkaca mata ini.

"Saya lagi masak, nyiapin buka, tahunya pintu dapur ada yang ngetuk, pas dibuka ternyata Pak Ridwan Kamil. Nggak nyangka banget," kata Ulfa, pemilik rumah ini sumringah.

Sambil berjalan kaki dan diiringi lagu Rindu (Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum), Kang Emil yang melakukan door to door di pemukiman padat penduduk itu disambut meriah oleh warga.

Mereka yang rumahnya telah dikunjungi, kemudian mengikuti langkah Kang Emil dari belakang. Sementara sebagian warga lainnya menunggu di depan teras rumahnya menyambut kedatangan Kang Emil. Beberapa warga minta swafoto ketika rumahnya dikunjungi Kang Emil. Bahkan sesekali Kang Emil yang menjepret kamera handphone itu untuk satu keluarga.

Selama door to door, Kang Emil juga memperkenalkan diri dan berdialog singkat dengan warga sambil membagi-bagikan pin, jadwal imsyak, dan kaos.

Setiap kali menemui warga, tak lupa Wali Kota Terbaik 2017 versi Kemendagri ini juga meminta doa agar dilancarkan ihtiarnya menjadi pemimpin di Jawa Barat.

Bahkan seorang nenek memegang lengan Kang Emil agak lama, ketika Kang Emil menyalaminya di depan rumahnya. Sang nenek minta pemerintah memperhatikan orang tua seperti dirinya. Lalu dia pun mendaraskan doa-doa buat Kang Emil. "Nenek doakan semoga cita-citamu berhasil menjafi Gubernur Jabar," ucap nenek Yati.

Sementara itu, Jeje, Ketua RT setempat sangat bahagia Ridwan Kamil datang ke wilayahnya dan mengetuk pintu rumah-rumah warga untuk berdialog. "Ini kampanye luar biasa, membuat banyak warga terkesan dengan gaya Ridwan Kamil yang sangat menghargai rakyat kecil," ujarnya.

Kang Emil mengatakan, dari hasil survei bahwa kampanye yang disukai warga adalah bertemu dengan calon pemimpinnya. "Bapak seneng nggak ketemu saya," tanya Kang Emil pada seorang warga yang ditemui di rumahnya.

"Wah, seneng sekali," jawab dia sambil tersenyum. Menurut Kang Emil, kedua yang disukai warga adalah televisi dan mereka mengenal calon gubernur lewat televisi.

"Hanya door to door ini agak melelahkan, tapi pola ini jauh lebih efektif. Saya juga sangat nyaman, mendatangi rumah-rumah mereka," katanya.

Apalagi, ketika ada curhatan, dari seorang nenek, minta diurus karena usianya sudah 72 tahun. Kebetulan, kata Kang Emil, ada program Minggu Lansia, dimana seminggu sekali lansia diurus dibawain makanan, mudah-mudahan dengan program itu bisa menyenangkan sang nenek.

Sebelum door to door, Kang Emil blusukan di Pasar Citeureup. Hasil blusukan, masalah yang ditemuinya adalah persoalan modal yang sering dihadapi pedagang.

"Kami ada program Kredit Mesra (Masjid Sejahtera, semoga ini bisa menjadi solusi bagi pedagang. Revolusi bantuan permodalan ini mensejahterakan warga Jabar," kata Wali Kota yang namanya masuk 50 pemimpin terbaik dunia 2018 versi Fortune ini.

Terkait kondisi Pasar Citeureup yang kumuh dan kurang tertata, menurut Kang Emil memang harus ada penataan, tapi minimal bersih, sederhana, dan nyaman. Kalau di Bandung seperti Pasar Cihapit.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0434 seconds (0.1#10.140)