Wifi Gratis Aksi Nyata Beri Solusi Pelajar di Tengah Pandemi

Rabu, 12 Agustus 2020 - 12:36 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muba Herryandi Sinulingga AP mengatakan, pesatnya perkembangan TIK yang berlangsung selama beberapa dekade terakhir ini, telah membuat kebutuhan masyarakat terhadap informasi menjadi semakin meningkat.

Dia juga menambahkan gerakan program wifi gratis bagi masyarakat untuk memberikan kemudahan dalam mengakses informasi bagi warga.

"Selain itu, wifi gratis ini juga ditujukan bagi siswa siswi yang belajar menggunakan metode Daring (Online) yang dapat mengurangi penggunaan quota mereka," jelas Lingga.

“Diharapkan dengan wifi gratis ini, masyarakat terutama siswa siswi yang belajar menggunakan metode Daring dapat memanfaatkan sesuai dengan peruntukannya masing-masing. Dan diharapkan pula dengan program ini dapat mengurangi pengeluaran tambahan quota bagi anak-anaknya yang belajar menggunakan metode daring ini. Dengan demikian masyarakat dapat merasakan hadirnya layanan wifi gratis dari pemerintah Kabupaten Muba,” dan di area publik tetap jalankan protokol kesehatan jaga jarak pake masker dan sering cuci tangan ujarnya.

Lanjutnya, secara teknis Dinkominfo Kabupaten Muba akan memfasilitasi dan mensupport penginstalan perangkat-perangkat pendukung.

"Untuk mendapatkan akses Wi-Fi gratis ini yaitu dengan cara masuk ke menu Wifi Gratis pada masing-masing lokasi titik Wifi ini. Selanjutnya calon pemakai dapat mengisi quisioner yang telah disiapkan," terangnya.

Ia menambahkan, selanjutnya masyarakat dapat menggunakan akses internet tersebut dengan kecepatan 5 Mbps masing-masing pemakai. "Wifi Publik ini sebagaimana arahan bapak bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin Dan sesuai dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Muba," imbuhnya.

"Program gerakan Wi-Fi gratis ini diharapkan menjadi Trend Mark bagi masyarakat di Kota Randik Sekayu dengan mengedepankan internet cerdas, sehat dan positif terbebas dari konten-konten negatif yang dapat merusak moral generasi muda, dalam hal ini kewajiban Dinkominfo Muba selalu melakukan pengawasan dan monitoring terhadap penyedia dan pengguna akses internet gratis ini," tandasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Muba Richard Chahyadi mengatakan, sesuai arahan Bupati Musi Banyuasin agar fasilitas yang dipunyai pemerintah desa dalam aplikasi Siskeudes bisa juga dinikmati masyarakat pada masa sekarang terutama dalam mendukung belajar jarak jauh dimasa Covid-19 ini.

"Alhamdulillah hampir seluruh desa dalam kabupaten Musi banyuasin telah melakukan peningkatan bandwitch pengunaan yang bisa dinikmati masyarakat banyak untuk proses belajar mengajar disekitar radius 100 meter dari kantor desa bahkan masyarakat diperkenankan juga oleh pemerintah desa untuk belajar dibalai desa dan kantor," urainya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1014 seconds (0.1#10.140)