Laka Maut Bumiayu, Akibat Truk Kelebihan Beban dan Salah Jalur

Senin, 21 Mei 2018 - 16:02 WIB
Laka Maut Bumiayu, Akibat Truk Kelebihan Beban dan Salah Jalur
Laka Maut Bumiayu, Akibat Truk Kelebihan Beban dan Salah Jalur
A A A
BREBES - Kecelakaan truk pengangkut gula yang menewaskan 12 orang di Desa Jatisawit, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah pada Minggu sore 20 Mei 2018, terungkap bukan sepenuhnya akibat dari malfungsi rem atau rem blong. Pasalnya, dalam pemeriksaan sementara terungkap ada beberapa fakta.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng, Kombes Pol Bakharuddin mengungkapkan bahwa truk tersebut tidak mengalami malfungsi rem. Karena menurutnya, berdasarkan pemeriksaan dan hasil identifikasi, rem telah berfungsi dengan baik.

“Ada beberapa faktor penyebab kecelakaan tersebut. Pertama, jalan turunan panjang namun landai yang membuat kecepatan truk terus bertambah. Setelah melewati turunan flyover Kretek sepanjang 480 meter, kemudian truk melewati turunan lagi sepanjang dua kilometer dengan kecepatan 60- 70 kilometer perjam," ungkap Bakharuddin di sela-sela olah TKP di Bumiayu, Brebes, Senin (21/5/2018).

Ketika berada di turunan tersebut, ungkap dia, kemungkinan truk terus melaju dan sopir truk berusaha mengerem tapi kesulitan. Begitu juga saat berusaha memindahkan gigi tidak berhasil. Sehingga rem tangan pun tidak berfungsi.

Dia menyatakan, jika beban truk yang banyak dan melaju di turunan menjadikan truk terus melaju tak terkendali. Besar tonase yang diijinkan sebesar 20 ton. “Namun truk membawa beban gula pasir seberat 38 ton. Itu artinya ada kelebihan beban 18 ton atau 87%,” timpalnya.

Pihaknya menegaskan, truk dengan beban berat seharusnya melintasi jalan lingkar bukan jalan dalam kota saat di persimpangan dari arah selatan atau persimpangan Terminal Lama Bumiayu.

“Namun, karena laju truk sudah tidak terkendali, akhirnya sopir mengambil jalan lurus ke arah dalam kota, bukan belok kanan ke arah jalan lingkar,” pungkas Bakharuddin.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8985 seconds (0.1#10.140)